Breaking News:

Berita Ekonomoi Bisnis

Link and Match Solusi Bantu UMKM Terdampak Pandemi, Diyakini Mampu Bangkitkan Pelaku Ekonomi Mikro

Pakar Akuntansi Universitas Narotama Surabaya Rony Wardhana menjelaskan tentang 'Link and Match' UMKM atau pedagang dan penjual keliling dengan masyar

surya.co.id/habibur rohman
UMKM TERDAMPAK - Pakar Akuntansi Universitas Narotama Surabaya Rony Wardhana menjelaskan tentang 'Link and Match' UMKM atau pedagang dan penjual keliling dengan masyarakat di pemukiman, Jumat (5/2/2021). Langkah ini untuk menjembatani kebutuhan warga di permukiman melalui suplay dari UMKM, terutama saat PPKM. 

SURYA.co.id | SURABAYA -  Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejatinya bertujuan untuk mengurangi tingkat penularan virus Covid-19.

Namun nyatanya PPKM, justru berdampak pada penurunan ekonomi yang menyebabkan kesulitan dialami oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Hal tersebut diungkapkan oleh Pakar Akuntansi Universitas Narotama Surabaya, Rony Wardhana SE M Ak.

Menurutnya, secara mikro, masyarakat Indonesia mengalami financial distress atau masalah keuangan dengan menurunnya pendapatan operasional yang berakibat pada kebangkrutan.

"Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang memiliki cicilan atau hutang yang tidak bisa mereka bayar selama menurunnya pendapatan operasional mereka karena kondisi Pandemi,” ujar Rony, Jumat (5/2/2021).

Keadaan tersebut dinilai menjadi suatu hal yang dilematis karena masyarakat harus berusaha menghindari virus Covid-19 menyerang tubuh mereka.

Dan saat yang bersamaan harus berusaha juga supaya mereka tidak kelaparan dan stres akibat financial distress.

“Yang paling terdampak adalah para penjual atau pedagang keliling yang memenuhi kebutuhan operasional dan membayar hutang atau cicilan dari pendapatan mereka setiap hari.

Mungkin mereka sudah mendapatkan bantuan untuk kebutuhan pokok, lalu kebutuhan yang lain bagaimana?,” terang Kaprodi Akuntansi Universitas Narotama ini.

Roni menyarankan agar masyarakat melakukan Link and Match UMKM atau pedagang dan penjual keliling dengan masyarakat di pemukiman elit. 

Halaman
12
Penulis: Zainal Arif
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved