Breaking News:

Citizen Reporter

Tugas Unik dari Guru untuk Siswa SDN Pacarkembang 1/192 Surabaya, Membantu Orang Tua

Pembentukan karakter yang sesuai dengan budaya bangsa, bisa dilakukan di pendidikan formal melalui serangkaian kegiatan belajar-mengajar.

Istimewa
Siswa kelas 4B SDN Pacarkembang 1/192 Surabaya, dengan penuh semangat mengerjakan tugas membantu orang tua membersihkan rumah. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Pembentukan karakter yang sesuai dengan budaya bangsa, bisa dilakukan di pendidikan formal melalui serangkaian kegiatan belajar-mengajar. Selain itu, juga melalui pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari.

Di dalam pendidikan formal, tugas guru harus menyeimbangkan antara pembentukan karakter anak dan kemampuan intektual anak.

Banyak hal yang bisa dilakukan guru untuk pembentukan karakter anak.

Sudah hampir satu tahun di tahun pembelajaran 2020-2021 dilakukan secara daring karena pandemi tak kunjung henti. Kejenuhan mulai dirasakan, baik guru yang memberi tugas atau soal pelajaran, orang tua yang mendampingi, dan anak yang setiap hari mendapatkan link soal pelajaran yang harus dikerjakan.

Guru harus pandai untuk mengolah pembelajaran daring demi anak didiknya. Tugas-tugas ringan yang penuh manfaat dan mendidik sangatlah sesuai untuk menghilangkan rasa jenuh tanpa menghilangkan tujuan pendidikan.

Siswa kelas 4B SDN Pacarkembang 1/192 Surabaya, dengan penuh semangat mengerjakan tugas membantu orang tua membersihkan rumah, Sabtu (30/1/2021).

Tugas dibagi di grup WA kelas mulai pukul 08.00 dengan arahan agar anak-anak membantu kegiatan orang tua membersihkan rumah dan kemudian mengirim foto kegiatan di grup WA.

Tidak berselang lama, sekitar 15 menit sudah bermunculan foto kegiatan anak di grup WA.

Kegiatan membantu membersihkan rumah banyak ragamnya seperti yang tampak pada kiriman foto di grup WA. Ada yang menyapu, mengepel, merapikan tempat tidur, mencuci piring, menyiram tanaman, membersihkan perabot rumah, dan merapikan baju.

Sungguh menyenangkan saat melihat ekspresi anak-anak dengan pakaian rumahnya yang alami dan tetap sopan.

Halaman
12
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved