Breaking News:

Citizen Reporter

Kisah Alya Dewi Belajar Jadi Presenter Cilik di TBM Dispusip Surabaya

Modal utamanya pada waktu itu adalah senang membaca dan mau belajar mendongeng.

Editor: Titis Jati Permata
Foto Istimewa
Alya Dewi Sabrina gadis cilik yang aktif mengikuti kegiatan virtual yang dilakukan Taman Baca Masyarakat (TBM) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Surabaya di RW 06 Balongsari, Surabaya 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Alya Dewi Sabrina gadis cilik yang aktif mengikuti kegiatan virtual yang dilakukan Taman Baca Masyarakat (TBM) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Surabaya di RW 06 Balongsari, Surabaya, gemar belajar mendongeng.

Ia memulai di balai RW. Alya memulai dari nol. Modal utamanya pada waktu itu adalah senang membaca dan mau belajar mendongeng.

“Awalnya saya belajar mendongeng di balai RW bersama Kak Tiwi. Kak Tiwi memberikan tantangan mendongeng satu menit. Saya harus memahami cerita dalam waktu yang singkat. Karena hobi saya membaca buku, saya dengan mudah menghafal cerita pendek. Setelah membaca buku, saya menceritakan kembali,” ungkap Alya menceritakan pengalaman pertama mendongeng.

Sejak saat itu ia mulai tertarik untuk mengikuti kegiatan mendongeng.

Setelah membawakan dongeng “Musisi dari Kota Bremen” berkolaborasi dengan Tiwi dalam Mendongeng dengan Bahasa Jerman yang tayang di IG TV Dispusip Kota Surabaya, Rabu (23/12/2020) pukul 10.00.

Nah, saat ini Alya kembali mengasah kemampuan untuk menjadi presenter cilik.

Kegiatan belajar menjadi presenter cilik itu dipandu langsung oleh Tim Dongeng TBM di wilayah Kecamatan Tandes.

"Saat itu tim TBM se-Kecamatan Tandes membutuhkan pemandu acara virtual. Saya langsung menawarkan ke Alya dan Alya dengan senang hati menerima tawaran itu," papar Pratiwi, petugas TBM

Wahyu Setyani, ibunda Alya menyampaikan dukungan terhadap kegiatan TBM.

"Saya sangat senang dengan program TBM selama pandemic. Itu bisa menjadi pengalaman baru untuk Alya dan bisa meningkatkan rasa percaya dirinya," ungkapnya.

Dikemas dalam acara Aksara TV yang tayang di Instagram TV @tbmtandes, Kamis (28/1/2021) pukul 10.00, Alya mampu memandu acara virtual dengan baik. Ia tidak bosan belajar hal baru setelah belajar mendongeng.

Semua berharap, dari belajar mendongeng anak-anak mampu belajar memupuk percaya diri, mengasah keberanian, menyiapkan kemampuan berkomunikasi, atau mampu mengembangkan bakat lainnya.

Setelah mendapatkan rasa percaya diri, mereka akan menemukan jalan untuk berkembang seperti menjadi presenter yang dilakukan oleh Alya.

Indah Purnamasari
Petugas TBM
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya
purnamasariindah0308@gmail.com

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved