Breaking News:

Cara Ganti Sertifikat Tanah Fisik ke Elektronik, 2 Syarat ini Harus Terpenuhi

Bagaimana cara ganti sertifikat tanah fisik ke elektronik? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel ini.

Tribun Jambi
Ilustrasi Sertifikat Tanah 

SURYA.CO.ID - Bagaimana cara ganti sertifikat tanah fisik ke elektronik?

Simak cara mengganti sertifikat tanah fisik ke elektronik yang diulas lengkap dalam artikel ini.

Seperti diketahui, Pemerintah menerbitkan Peraturan Menteri ATR/Kepala BPN Nomor 1 Tahun 2021 tentang Sertifikat Elektronik.

Aturan tersebut berlaku mulai 12 Januari 2021, sebagai payung hukum untuk digitalisasi tanda bukti kepemilikan tanah.

Nantinya, semua sertifikat tanah yang selama ini berbentuk fisik, akan ditarik untuk digantikan sertifikat elektronik atau sertifikat-el.

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) berpidato usai menyerahkan sertifikat tanah secara simbolis di GOR Ken Arok, Kota Malang, Rabu (28/3/2018).
Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) berpidato usai menyerahkan sertifikat tanah secara simbolis di GOR Ken Arok, Kota Malang, Rabu (28/3/2018). (surabaya.tribunnews.com/hayu yudha prabowo)

Melansir dari Kompas 'Tata Cara Daftar dan Ganti Sertifikat Tanah Elektronik', terdapat dua cara penerbitan sertifikat tanah elektronik yang tercantum dalam pasal 6 regulasi ini.

Berikut ulasan selengkapnya.

Pertama, penerbitan Sertifikat-el untuk pertama kali dilakukan melalui pendaftaran tanah pertama kali untuk tanah yang belum terdaftar.

Kedua, penerbitan juga bisa dilakukan melalui penggantian sertifikat menjadi sertifikat-el untuk tanah yang sudah terdaftar.

Hal ini juga ditegaskan oleh Direktur Pengaturan Pendaftaran Tanah dan Ruang Direktorat Jenderal Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah, Dwi Purnama.

Halaman
1234
Penulis: Arum Puspita
Editor: Musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved