Breaking News:

Ini Jurus YouTuber Panen Uang,  YouTuber Marques Brownlee Bagikan Strategi Jitunya

Menurut Brownlee, cara utama mendapatkan uang dari YouTube tentunya adalah dengan menempatkan iklan pada video yang diunggah.

tribunnews.com
Aplikasi YouTube 

SURYA.co.id I YouTuber pengulas gadget kenamaan, Marques Brownlee, atau yang lebih dikenal dengan kanal MKBHD membagikan strategi dirinya mendapatkan uang dari platform berlogo play button berwarna merah itu.

Menurut Brownlee, cara utama mendapatkan uang dari YouTube tentunya adalah dengan menempatkan iklan pada video yang diunggah.

Dengan begitu, Youtuber pemilik video akan mendapatkan bayaran karena penonton secara tidak langsung diarahkan untuk melihat iklan yang terpasang. Brownlee mengaku menerapkan tiga strategi untuk memonetisasi video dan kanal miliknya

"Secara umum, elemen dasar untuk menghasilkan uang sebagai YouTuber berasal dari AdSense yang terpasang di YouTube, integrasi sponsor pada video dan kanal, serta barang merchandise juga," ungkap MKBHD sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Kamis (28/1/2021).

Brownlee memerinci, mayoritas atau 50 persen pendapatannya berasal dari sponsor dan 40 persen lainnya berasal dari YouTube AdSense.

Sedangkan 10 persen sisanya didapatkan dari hal-hal lain, termasuk penjualan merchandice, lisensi, dan sebagainya. YouTuber berusia 27 tahun itu mengungkapkan, AdSense adalah program iklan Youtube.

Para YouTuber bisa memberikan slot AdSense sebanyak yang YouTuber inginkan di video. AdSense adalah cara gratis dan mudah untuk memperoleh uang dengan menampilkan iklan Google di video YouTube. Untuk video berdurasi panjang, YouTuber juga bisa menggunakan iklan mid-roll. Iklan ini dapat disematkan pada video berdurasi delapan menit atau lebih.

Dihimpun dari laman support Google, iklan mid-roll secara default ditempatkan pada jeda alami video atau di tengah durasi.
Hal ini dilakukan untuk menyeimbangkan pengalaman penonton dan potensi monetisasi video YouTuber.

YouTuber juga bisa mengelola penempatan iklan mid-roll ini sesuai keinginannya. Brownlee sendiri mengaku sebal ketika menonton video YouTube yang memiliki tiga mid-roll (iklan tengah video).

Alhasil, ia biasanya hanya menempatkan satu atau bahkan tidak menempatkan sama sekali iklan mid-roll di video miliknya. Sebagai gantinya, kanal MKBHD memanfaatkan sponsor di dalam video atau kanalnya.

Halaman
12
Editor: Suyanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved