Berita Gresik

Diterjang Ombak, Tembok Penahan Ombak di Pantai Ngemboh Kabupaten Gresik Ambruk

Tembok setinggi kurang dari tiga meter itu ambruk ke tepi jalan, dan air sempat masuk ke tepi jalan yang biasa dilalui warga.

Penulis: Willy Abraham | Editor: Titis Jati Permata
Foto Istimewa
Tembok penahan ombak di tepi jalan Desa Ngemboh, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, yang ambruk, Jumat (29/1/2021) pagi. 

SURYA.CO.ID, GRESIK - Tembok penahan ombak yang berada di tepi jalan Desa Ngemboh, Kecamatan Ujungpangkah jebol usai diterjang ombak, Kamis (28/1/2021) malam.

Tembok setinggi kurang dari tiga meter itu ambruk ke tepi jalan, dan air sempat masuk ke tepi jalan yang biasa dilalui warga.

Sebagian bangunan tersebut mengalami kerusakan.

Menurut penuturan warga, air laut juga sempat menggenangi jalan raya Desa Ngemboh, yang menghubungkan Kecamatan Ujungpangkah dan Panceng pada malam hari.

Jazilah, warga setempat mengaku tingginya ombak membuat beton-beton penahan tergerus air laut hingga rusak parah. Kejadian ombak besar berlangsung lama.

"Ambruk kemarin malam karena ombak tinggi," ucapnya, Jumat (29/1/2021).

Wanita berusia 45 tahun ini hanya bisa berharap agar pemerintah segera mengambil sikap dan memperbaiki infrastruktur yang rusak akibat ombak.

Dikhawatirkan, ombak bisa menerjang jalan penghubung tersebut.

Sebab, sudah beberapa hari ini angin serta ombak besar terjadi di pantai utara Gresik ini.

"Paling parah tadi malam," kata dia.

Data dari BMKG, memang waspada akan gelombang tinggi di atas 2,5 meter di perairan Jawa dan Madura. Termasuk, perairan Tuban,Lamongan dan juga Gresik.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik, Tarso Sagito mengatakan memang cuaca buruk mulai angin kecang hingga ombak besar.

"Tembok penahan ombak ambruk memang penyebabnya itu cuaca buruk. Air dari laut naik. Nanti saya cek ke lokasi kejadian," ujarnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved