Breaking News:

Berita Jember

Percepat Vaksinasi Covid-19 di Jember, 6.800 Dosis Langsung Disebar ke 50 Puskesmas

Selanjutnya Rabu (27/1/2021), pengambilan oleh 30 Puskesmas di Jember. Selain itu, ada vaksin untuk tiga rumah sakit(RS) milik Pemkab Jember.

surya/sri wahyunik
Vaksin Corona 2019 (Covid-19) diterima Satgas Covid-19 Jember, Selasa (26/1/2021) 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Pemkab Jember tidak meluangkan waktu sedikit pun untuk mempercepat vaksinasi kepada para tenaga kesehatan (nakes) dan tokoh-tokoh penting. Begitu tiba, Selasa (26/1/2021), sebanyak 6.800 dosis Sinovac itu disimpan sementara di gudang farmasi UPT Instalasi Farmasi Kesehatan (IFK) sebelum disebar ke 50 kecamatan.

"Alhamdulillah, vaksin sudah kami terima sore yang dikirim dari Surabayadan langsung disimpan di gudang farmasi UPT IFK. Ada 6.800 vaksin, tadi sudah dicek dan lengkap," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jember, Gatot Triyono.

Selanjutnya, vaksin didistribusikan ke fasilitas kesehatan (faskes) yang siap melakukan vaksinasi kepada para nakes mereka. Pengambilan vaksin terbagi dalam dua termin.

Selasa (26/1/2021) sore hingga malam, pengambilan dilakukan oleh 20 Puskesmas. Selanjutnya Rabu (27/1/2021), pengambilan oleh 30 Puskesmas di Jember. Selain itu, ada vaksin untuk tiga rumah sakit(RS) milik Pemkab Jember.

"Besok pagi (Rabu) akan ada pencanangan vaksinasi oleh Forpimda Jember di Puskesmas Kaliwates. Nantinya menandai vaksinasi di seluruh Puskesmas dan rumah sakit di Jember," imbuh Gatot.

Vaksinasi pertama akan diikuti oleh 10 orang dari unsur Forpimda dan tokoh agama. Forpimda itu antara lain Bupati Jember Faida, Wakil Bupati Jember Abdul Muqit Arief, Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin, juga Dandim 0824 Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin, perwakilan kejaksaan, juga beberapa tokoh agama.

"Ada 10 orang selain nakes, yakni Forpimda dan tokoh agama yang divaksin. Setelah itu targetnya nakes terlebih dahulu," lanjut Gatot.

Berdasarkan data, ada 7.221 orang nakes di Jember yang masuk target vaksinasi Covid-19. Sementara itu, vaksin yang dikirim dari Surabaya mendapatkan pengawalan ketat dari aparat keamanan.

Personel Brimob Polda Jatim menempel di pengawalan itu, sedangkan personel gabungan Polri dan TNI mengawal dari perbatasan Jember - Lumajang. ***

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved