Breaking News:

Berita Kediri

Donor Plasma Konvalesen Jadi Sedekah Luar Biasa, Wali Kota Kediri Puji Penyintas Covid-19 'Hero'

Dan memberikan jaring pengaman sosial, serta mendorong perputaran ekonomi saat pandemi dan vaksinasi.

surya/didik mashudi
Wali Kota dan anggota Forkopimda Kota Kediri mengantar seorang penyintas Covid-19 mendonorkan plasma konvalesen di Kantor PMI Kota Kediri, Selasa (26/1/2021) 

SURYA.CO.ID, KEDIRI - Pejabat Forkopimda Kota Kediri mengantar penyintas Covid-19 untuk melakukan donor darah plasma konvalesen ke Kantor PMI Kota Kediri, Selasa (26/1/2021). Total ada tujuh (7) orang penyintas Covid-19 yang ikut mendonorkan plasma konvalesen di Kantor PMI Kota Kediri.

Kehadiran pejabat Forkompinda Kota Kediri merupakan bagian dari Gerakan Donor Plasma Konvalesen (Gedor Pasen) yang diluncurkan Pemkot Kediri dalam menghadapi Covid-19.

Selain mengajak penyintas Covid 19 untuk donor konvalesen, pemkot juga telah menyiapkan lokasi karantina di RS Kilisuci untuk pengobatan bagi yang sakit di RS rujukan. Dan memberikan jaring pengaman sosial, serta mendorong perputaran ekonomi saat pandemi dan vaksinasi.

Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar menjelaskan, donor plasma konvalesen sangat bermanfaat dan menjadi sedekah luar biasa untuk menyelamatkan nyawa manusia. Pihaknya mendorong para penyintas untuk mendonorkan plasma konvalesennya melalui PMI.

Program Gedor Pasen diharapkan dapat mengedukasi masyarakat bahwa penyintas Covid-19 tidak perlu dikucilkan. "Dalam tubuh penyintas Covid-19 ada plasma yang bisa membantu kesembuhan pasien Covid-19 di rumah sakit. Mereka ini ibaratnya from survivor to hero,” ungkapnya.

Sehingga Forkopimda Kota Kediri mendukung penuh upaya Kota Kediri dalam penanganan covid-19 melalui Gedor Pasen.

Sementara Dandim 0809 Kota Kediri, Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno berharap penyintas Covid-19 untuk datang ke PMI mendonorkan plasmanya.

“Kami mendukung adanya donor plasma konvalesen yang dapat menyelamatkan nyawa saudara-saudara kita. Tentunya bagi yang sudah sembuh dari Covid-19 bisa mendonorkan plasmanya untuk mendorong saudara—saudara kita,” ujar Dwi.

Sementara Kapolres Kediri Kota, AKBP Eko Prasetyo juga mendukung upaya pemkot menyukseskan Gedor Pasen. Eko juga mengajak masyarakat yang sudah sembuh dari Covid-19 untuk mendonorkan plasmanya.

“Alhamdulillah hari ini Forkopimda sudah mendapatkan pendonor plasma konvalesen. Ini upaya Forkopimda menekan angka kematian. Mudah-mudahan bisa diikuti masyarakat yang sudah sembuh dari Covid-19,” ungkap kapolres.

Kepala Kejaksaan Negeri Kota Kediri, Sofyan Selle mengungkapkan, donor plasma konvalesen adalah upaya membantu masyarakat yang sedang terjangkit Covid-19. "Melalui kegiatan inim mudah-mudahan dapat menurunkan angka kematian covid-19,” ujar Sofyan.

Ketua PMI Kota Kediri, dr Indrakso mengatakan, progam Gedor Pasen sangat membantu penyembuhan pasien positif Covid-19. Sebelum ada Gedor Pasen, masyarakat mungkin belum mengetahui apa itu donor plasma konvalesen di PMI.

"PMI sudah punya alat pengolah plasma. Namun untuk mendapatkan calon pendonor sangat sulit. Untungnya Pak Wali Kota Kediri punya program bagus ini. Sehingga sampai hari ini sudah dapat delapan (8) orang pendonor plasma konvalesen. Semoga akan terus bertambah," ujarnya. ***

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved