Breaking News:

Berita Situbondo

Ada 403.346 Calon Penerima Vaksinasi Covid-19 di Situbondo, Pemprov Baru Kirim 3.000 Dosis

Menurut Imam, untuk menjaga keamanan vaksin pihaknya sudah bekerjasama dengan aparat kepolisian dan TN

surya/izi hartono
Pasokan vaksin Sinovac telah diterima Dinas Kesehatan Pemkab Situbondo, Selasa (26/1/2021). 

SURYA.CO.ID, SITUBONDO - Jumlah vaksin Covid-19 atau Sinovac yang dialokasikan untu Situbondo baru datang sebanyak 3.000 dosis, Senin (25/1/2021) malam. Meski jumlah itu masih jauh dari usulan vaksinasi untuk sebanyak 403.346 penerima, tetapi kedatangan vaksin itu sudah mendapat pengawalan ketat dari petugas keamanan.

Dengan pengawalan ketat personel Polda Jatim, ribuan dosis vaksin Covid-19 itu langsung dikirim ke Dinas Kesehatan Pemkab Situbondo sekitar pukul 23.00 WIB.

Kabag Ops Polres Situbondo, Kompol Yatno Mardi mengatakan, aparat kepolisian dan TNI akan menjaga vaksin itu hingga proses pendistribusikan ke 17 Puskesmas dan dua rumah sakit(RS) serta dua klinik yang ditunjuk di Situbondo.

“Kita bersama TNI juga akan melakukan penjagaan dan pengawalan vaksin Covid-19 sampai pendistribusian ke puskesmas-puskesmas. Ini kita lakukan agar keamanan vaksin terjamin. Selain itu, polisi dan TNI juga terus menginformasikan program vaksinasi itu ke masyarakat,” ujar Yatno, Selasa (26/1/2021).

Sementara Plt Kepala Dinas Kesehatan Situbondo, Imam Hidayat mengatakan, vaksin Sinovac yang dikirim dari Provinsi Jatim itu sementara akan disimpan di tempat khusus sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Sebanyak 3.000 dosis vaksin Covid-19 termin pertama sudah dikirim ke Dinkes Situbondo," kata Imam kepada wartawan.

Menurut Imam, untuk menjaga keamanan vaksin pihaknya sudah bekerjasama dengan aparat kepolisian dan TNI. "Ketika nanti didistribusikan ke puskesmas dan RS, vaksin itu akan mendapat pengawalan,” katanya.

Sesuai pengajuan semula, lanjut Imam, untuk pencanangan vaksinasi akan dilakukan kepada 10 orang pimpinan di Kabupaten Situbondo. Setelah itu dilanjutkan vaksinasi kepada para tenaga kesehatan (nakes).

“Untuk penyuntikan vaksin Sinovac, akan pertama kali dilakukan kepada Plt Bupati, Kapolres, Dandim, pimpinan organisasi Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) setempat, pada Rabu, 27 Januari 2021 di RSD dr Abdoer Rahem Situbondo,” jelasnya.

Dikatakan Imam, rincian sasaran tahap pertama vaksinasi untuk nakes sebanyak 2.799 orang dan pelayan publik 19.603 orang. "Jumlah yang diusulkan untuk mendapatkan suntikan vaksin ada 403.346 orang," tukasnya.

Imam juga mengimbau masyarakat agar tidak takut dan ragu untuk disuntik vaksin Covid-19, karena vaksin tersebut sudah mendapat label aman dan sudah mendapat izin BPOM. ***

Penulis: Izi Hartono
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved