Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Pemprov Bantu Pulangkan Perantau Asal Jawa Timur yang Jadi Korban Gempa di Sulbar

Gubernur Khofifah mengatakan, bahwa mereka yang menjadi korban gempa tersebut dibantu Pemprov Jatim untuk pulang ke daerahnya masing-masing.

SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Total ada sebanyak 48 orang perantau Jatim yang dibantu Pemprov Jatim untuk pulang ke Jatim hari ini, Kamis (21/1/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) turun langsung membantu warga Jatim yang menjadi korban gempa di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar). Pasalnya, ada cukup banyak warga Jatim di sana yang turut menjadi korban gempa.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, bahwa mereka yang menjadi korban gempa tersebut dibantu Pemprov Jatim untuk pulang ke daerahnya masing-masing. Mereka juga diberi bantuan berupa uang tunai dan sembako.

Total ada sebanyak 48 orang perantau Jatim yang dibantu Pemprov Jatim untuk pulang ke Jatim hari Kamis (21/1/2021) ini.

Mereka diajak untuk pulang ke Jatim dengan menggunakan pesawat Hercules C-130. Siang ini mereka mendarat dengan selamat di Lanud Abdurrahman Saleh, Malang.

"Ada 48 warga jatim yang merantau di Sulawesi Barat yang terdampak gempa, siang ini kembali dengan Pesawat C-130 Hercules di Lanud Abdurrahman Saleh Malang. Rumah mereka rata-rata rusak 50 persen. Mereka kembali karena masih trauma," tegasnya.

Lebih lanjut Khofifah dalam keterangannya menuturkan, bahwa Pemprov Jatim telah memastikan kebutuhan dasar mereka terpenuhi. Mereka dibekali sembako, pakaian dan juga diberikan uang tunai. Sebab kondisi gempa membuat mereka tak hanya terguncang secara psikis dan mental tapi juga secara materi.

Selain itu, Khofifah juga menjelaskan, bahwa sebelum dibawa ke Jatim, seluruh warga yang kembali ke Jatim tersebut telah dilakukan serangkaian tes kesehatan dan juga swab antigen. Hal itu guna mereka dipastikan sehat dan tidak terpapar Covid-19.

"Alhamdulillah hasilnya semua negatif, selanjutnya kami turut mengantar mereka untuk pulang ke daerah asal mereka. Rinciannya ada dari Lamongan sebanyak 38 orang, Gresik 4 orang, Tuban 4 orang dan Lumajang 2 orang," pungkas Khofifah.

Di sisi lain, Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono mengatakan, bahwa Pemprov Jatim turut tanggap terhadap bencana gempa yang melanda Sulawesi Barat dan juga Kalimantan.

Saat ini Pemprov Jatim telah menyiapkan pemberian bantuan sebesar Rp 2 miliar untuk kedua daerah yang kini tengah berduka tersebut.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved