Breaking News:

Berita Bojonegoro

Banjir di Bojonegoro Rendam Ribuan Rumah dan Sawah, Jembatan Putus, ini Langkah BPBD

Banjir setinggi sekitar satu meter menerjang sejumlah Desa di Kecamatan Kapas dan Bojonegoro, Kamis (21/1/2021).

surya.co.id/m sudarsono
Banjir menggenangi permukiman warga Desa Kalianyar, Kecamatan Kapas, Bojonegoro dan Jembatan Jati Blimbing, Kecamatan Kapas putus, Kamis (21/1/2021). 

SURYA.co.id | BOJONEGORO - Banjir setinggi sekitar 1 meter menerjang sejumlah Desa di Kecamatan Kapas dan Bojonegoro, Kamis (21/1/2021).

Sebanyak 1542 rumah terdampak banjir, di antaranya Desa Kalianyar, Wedi, Kecamatan Kapas. Kemudian Desa Sukorejo, Kecamatan Bojonegoro.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bojonegoro, Nadhif Ulfia mengatakan, banjir luapan ini diketahui masuk pemukiman warga pukul 03.00 WIB.

Desa Kalianyar ada 614 rumah terdampak dengan jumlah 618 KK dan 44,337 hektar sawah terendam, untuk kerugian Rp.354.696.000.

Kemudian Desa Wedi ada 870 rumah dan 830 hektar sawah terendam. 

Sedangkan Desa Sukorejo ada 58 rumah, namun 8 di antaranya pemilik memilih mengungsi di rumah kerabat.

"Ada 1542 rumah yang terdampak banjir, puluhan ribu sawah terendam. Kemudian jembatan Jati Blimbing Kapas terputus, kerugian sementara Rp 354 juta," ujarnya dikonfirmasi.

Kalaksa menjelaskan, penyebab banjir di dua kecamatan karena terjadi hujan deras di Wilayah Kecamatan Gondang dan Sekar, Rabu (20/1), sore-malam.

Lalu air kiriman dari Kecamatan Sekar dan Gondang mengakibatkan Sungai Loro dan Klepek meluap, menggenangi wilayah pemukiman warga di Desa Kali Anyar, Desa Wedi Kecamatan Kapas dan Wilayah TPK Sukorejo Kecamatan Bojonegoro.

Meski tidak ada korban jiwa, petugas  terus melakukan pendataan dan assesment (penilaian, red).

Untuk mempercepat air surut, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) telah membuka pintu air Semanding untuk mengoperasikan dua buah pompa.

"Air sudah berangsur surut, petugas masih di lokasi untuk siaga evakuasi warga susulan. Kita gunakan perahu karet untuk distribusi paket sembako membantu dapur umum desa," pungkasnya.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved