Breaking News:

Citizen Reporter

Jam Putar Pintar untuk Belajar

Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) menerapkan media pembelajaran Putar Pintar Pantun (3P) agar mempermudah siswa dalam memahami pembelajaran

Istimewa
Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura, menerapkan media pembelajaran Putar Pintar Pantun (3P) di MI Ihya’ul Ulum Desa Karangkembang, Kabupaten Lamongan, Sabtu (12/12/2020). 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) melakukan salah satu program kerja kelompok untuk Pengabdian Kepada Masyarakat yang dibimbing oleh Muttaqin Choiri. Mereka mengajar di MI Ihya’ul Ulum Desa Karangkembang, Kabupaten Lamongan, Sabtu (12/12/2020).

Mahasiswa menerapkan media pembelajaran Putar Pintar Pantun (3P) agar mempermudah siswa kelas 5 MI dalam memahami pembelajaran tematik Bahasa Indonesia pada materi pantun. Itu sekaligus dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan di kelas. Mahasiswa menggunakan media berupa “jam” yang dapat diputar.

“Pengaplikasiannya dengan cara diputar searah jarum jam. Siswa yang mendapatkan giliran untuk memutar harus membuka kertas yang tepat pada jarum penunjuk. Ia harus menjawab pertanyaan yang terdapat pada kertas itu,” ungkap Sahid, mahasiswa UTM.

Antusiasme para siswa sudah terlihat saat penerapan media itu. Menurut mereka, cara belajar semacam itu menyenangkan. Mereka seperti bermain dan berdebar-debar saat memutar jarum dan mendapat pertanyaan.

“Saya sangat senang kalau setiap hari belajarnya seperti ini, seru, asyik, dan tidak membosankan,” ungkap Bila, siswa kelas 5.

Tidak hanya itu, guru mata pelajaran juga merasa senang dengan adanya inovasi pembelajaran yang dilakukan pada pelajaran tematik. Itu membuat pelajaran menjadi lebih mudah disampaikan.

“Tidak seperti pembelajaran biasanya, mereka sangat senang dan memperhatikan. Biasanya itu anak-anak kalau menerima pembelajaran tematik suka tidak memperhatikan dan ribut sendiri bersama temannya,” imbuh Tunik, guru MI Ihyaul Ulum.

Senada dengan itu, kepala sekolah juga menyambut dengan baik dan mengungkapkan rasa terima kasih kepada para mahasiswa UTM yang melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat. Ali, kepala sekolah, menyambut baik para mahasiswa.

“Para mahasiswa UTM telah bekerja sama dan memberikan inovasi dalam pembelajaran tematik ini,” tutur Ali. Harapannya, dengan penerapan media pembelajaran 3P, siswa kelas 5 dapat meningkatkan semangat dan minat belajarnya khususnya pada pelajaran tematik.

Diyani Islamiyah
Mahasiswa KKN 67
Universitas Trunojoyo Madura
yani.nose11@gmail.com

Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved