Breaking News:

Berita Banyuwangi

Menanti Pusat Edukasi Energi Terbarukan di Kabupaten Banyuwangi

Rapat virtual antara Pemkab Banyuwangi dan PT Indonesia Power, anak perusahaan PLN yang bertugas membangun PLTB, Kamis (14/1/2021). 

surya.co.id/haorrahman
Rapat virtual antara Pemkab Banyuwangi dan PT Indonesia Power (anak perusahaan PLN yang bertugas membangun PLTB), Kamis (14/1/2021).  

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Kabar baik datang dari PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang menyatakan bahwa potensi angin (bayu) di Kabupaten Banyuwangi, telah memenuhi syarat untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB).

PLTB yang akan menjadi terbesar di Pulau Jawa itu akan menjadi pusat edukasi energi terbarukan.

Kabar itu disampaikan saat rapat virtual antara Pemkab Banyuwangi dan PT Indonesia Power (anak perusahaan PLN yang bertugas membangun PLTB), Kamis (14/1/2021). Pembangunannya akan dimulai tahun ini.

Pertemuan virtual itu Vice President Project Development 3 PT Indonesia Power Henry Asdayoka Putra dan Manager Business Development 1 Adi Hirlan Effendi bersama Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan jajarannya.

Rapat koordinasi ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan PT PLN dan Pemkab Banyuwangi awal 2020 lalu.

“PLTB ini diharapkann bisa semakin mengurangi penggunaan energi fossil dan emisi karbon monoksida. Ini merupakan program pemerintah untuk mencapai bauran energi listrik yang ramah lingkungan sebesar 23 persen di 2025,” ujar Henry.

Energi listrik yang ramah lingkungan kini gencar dilakukan berbagai negara.  Berbagai negara seperti Amerik Serikat, China, Argentina, Spanyol, Meksiko, Swedia, dan negara-negara di Timur Tengah dan Afrika terus menambah kapasitas energi listrik dari tenaga angin ini.

Henry Asdayoka Putra mengatakan, PLN terus mengembangkan proyek energi baru terbarukan (EBT) di Indonesia, salah satunya dengan pembangunan PLTB di Banyuwangi ini.

"Pembangunan PLTB akan dimulai pada 2021 dengan kapasitas 50 Mega Watt (MW)," kata Henry.

Pembangunan PLTB berskala besar ini akan dibangun di kawasan utara Banyuwangi, yakni di Kecamatan Wongsorejo. PLN telah memasang metmast tower (alat pengukur kecepatan angin) setinggi 120 meter di Wongsorejo.

Halaman
123
Penulis: Haorrahman
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved