Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Zona Merah Penyebaran Covid-19 di Jawa Timur Bertambah, Daerah Wajib PPKM Berpotensi Diperluas

Berdasarkan pengumuman dan pemetaan Satgas Covid-19 pusat, per hari Rabu (13/1/2021) ini terdapat lima daerah di Jatim yang masuk zona merah.

Istimewa
Zonasi Sebaran Covid-19 di Jawa Timur, per Selasa 12 Januari 2021. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Peta zona merah penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Jawa Timur kembali berubah. Berdasarkan pengumuman dan pemetaan Satgas Covid-19 pusat, per hari Rabu (13/1/2021) ini terdapat lima daerah di Jatim yang masuk zona merah.

Lima daerah yang masuk zona merah atau resiko tinggi penyebaran Covid-19 adalah Kabupaten Mojokerto, Kota Madiun, Kabupaten Kediri, Kota Mojokerto dan Kabupaten Nganjuk.

Tim ahli Satgas Covid-19 Jawa Timur, Makhyan Jibril Al Farabi mengatakan, bahwa implikasi dari perubahan peta zona merah tersebut bisa jadi adalah penambahan atau perluasan kawasan daerah yang wajin penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Rencananya akan ada penambahan kawasan yang diterapkan PPKM jika berkaca dari pemetaan zona merah. Sekarang sedang disusun draftnya oleh Biro Hukum," kata Jibril, Rabu siang.

Ia menegaskan, bahwa saat ini ada sebanyak 11 daerah di Jatim yang dibelakukan PPKM dan sudah memasuki hari ketiga penerapan.

Yaitu Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu, Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Blitar.

"Kalau sekarang Kabupaten dan Kota Mojokerto, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Nganjuk kan belum masuk. Bisa jadi nanti masuk atau tidak masih dirapatkan," tegas Jibril.

Namun, jika nantinya ada tambahan daerah yang diberakukan PPKM, maka harus ada perubahan Kepgub lagi. dan hal itu membutuhkan proses.

Lebih lanjut Jibril menegaskan, saat ini situasi Covid-19 di Jatim masih tinggi penyebarannya. Rate of transmission di Jawa Timur ada di angka 1,07.

Bahkan ada daerah yang rate of transmissionnya di atas dua, yaitu Kota Batu. Selain itu, hampir semua daerah di Jatim angka rate of transmission-nya ada di atas angka 1. Hanya ada tujuh Kabupaten Kota yang angkanya di bawah 1.

Yaitu Kabupaten Jember, Kota Probolinggo, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Sampang dan Kabupaten Lumajang.

"Untuk sehari kemarin, dilaporkan jumlah penambahan kasus baru terkonfirmasi Covid-19 di Jatim tembuh 844 orang. Dengan jumlah kasus meninggal dunia sebanyak 65 orang, dan kasus sembuh sebanyak 715 orang," tegas Jibril.

Secara kumulatif total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Jatim hingga hari ini adalah 94.249 orang, dengan kasus aktif yang tengah dirawat sebanyak 6.865 orang atau 7,28 persen dari total kasus kumulatif.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved