Breaking News:

Berita Otomotif

Hati-Hati, Hindari Hal Ini Agar Sepeda Motor Anda Terhindar Dari Bahaya Kebakaran Saat Berkendara

Modifikasi yang dikerjakan sembarangan bisa mengakibatkan timbulnya korsleting dan memicu kecelakaan, bahkan dapat mengakibatkan sepeda motor terbakar

Istimewa
Salah satu faktor yang memicu terjadinya kebakaran sepeda motor saat berkendara adalah oli yang bocor, oleh karenanya jika ditemui oli yang merembes segara bawa motor anda ke Ahass terdekat. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Ada banyak berbagai macam penyebab kecelakaan lalu lintas yang sering di jumpai. Mulai dari yang disebabkan oleh kelalaian pengendara, hingga yang terjadi secara tiba-tiba karena hal tak terduga.

Adapun salah satu peristiwa kecelakaan yang paling berbahaya adalah ketika sepeda motor tiba-tiba terbakar saat digunakan berkendara di jalan.

Untuk menghindari peristiwa bahaya itu, berikut beberapa hal yang perlu diketahui para biker terkait apa saja yang dapat memicu terjadinya kebakaran dan cara agar dapat mengantisipasinya.

Technical Development Area Head MPM Honda Jatim, Naim Muhdori mengatakan, salah satu pemicu terjadinya kebakaran sepeda motor, yang pertama adalah karena melakukan modifikasi motor yang berlebihan.

"Pada saat akan memodifikasi kendaraan, ada baiknya untuk mempertimbangkan apa saja spare part yang digunakan," ujar Naim kepada SURYA.CO.ID, Selasa (12/1/21) di MPM Simpang Dukuh Surabaya.

Naim mengatakan, point utama modifikasi sendiri biasanya menyangkut 3 hal, yakni engine misalnya dalam melakukan bore up/penggantian system klalpot, frame misalnya penggantian roda-roda dan elektrik misalnya penambahan lampu dan lain-lain.

Menurut Naim, modifikasi harus dilakukan oleh modifikator yang ahli dan mengggunakan spare part yang teruji pula.

Namun, fakta di lapangan, modifikasi system kelistrikan sangat cukup marak ditemui akhir-akhir ini, yang mana disebabkan karena tersedia begitu banyak bahan modifikasi seperti lampu led dan banyak di jual dengan harga murah.

"Padahal modifikasi yang dikerjakan sembarangan tanpa pengetahuan kelistrikan otomotif yang memadai, dapat mengakibatkan timbulnya korsleting dan memicu kecelakaan bahkan dapat mengakibatkan motor yang terbakar," ungkapnya.

Kedua, bahan bakar yang bocor.

Halaman
123
Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved