Breaking News:

Berita Kediri

Hari Ini Kota Kediri Mulai Menggelar Simulasi Vaksinasi Covid 19

Hari Senin (1/11/2021) ini, Kota Kediri telah menggelar kegiatan simulasi vaksinasi Covid-19 yang berlangsung di Puskesmas Pesantren II.

SURYA.CO.ID/Didik Mashudi
Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar saat menghadiri kegiatan simulasi vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Pesantren, Kota Kediri, Senin (11/1/2021). 

SURYA.CO.ID, KEDIRI - Hari Senin (1/11/2021) ini, Kota Kediri telah menggelar kegiatan simulasi vaksinasi Covid-19 yang berlangsung di Puskesmas Pesantren II.

Kegiatan simulasi juga dihadiri Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar yang datang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri, dr Fauzan Adima.

Kegiatan simulasi ini dilakukan untuk mengetahui alur pelayanan vaksinasi Covid-19, agar saat pelaksanaan vaksinasi bisa berjalan dengan baik.

Dari pelaksanaan simulasi terlihat alur pelayanan vaksinasi Covid-19 ini dimulai dari pendaftaran, skrining, dilakukan vaksinasi, konsultasi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), serta dilakukan observasi 30 menit sambil dipantau tenaga kesehatan.

Pada tahap pendaftaran, penerima vaksin diminta untuk menunjukkan KTP/E-Tiket dan petugas akan melakukan pengecekan data penerima vaksin pada aplikasi pcare vaksinasi.

Setelah itu, penerima vaksin menuju meja skrining untuk dilakukan pengecekan kesehatan dan memastikan sesuai kriteria penerima vaksin.

Setelah memenuhi kriteria sebagai penerima vaksin, tahapan selanjutnya akan disuntik vaksin Covid-19.

Setelah diberi vaksin, nanti penerima vaksin akan diberi kartu vaksinasi kemudian menuju tempat observasi selama 30 menit untuk melihat apakah terjadi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi atau tidak.

Bila penerima vaksin setelah 30 menit tidak mengalami gejala apapun diperbolehkan untuk meninggalkan ruangan dan apabila penerima vaksin mengalami keluhan akan dilakukan penanganan lebih lanjut.

Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar menjelaskan, pelaksanaan simulasi untuk memastikan vaksinasi berjalan lancar dan nanti tidak bingung karena ini sistemnya dari BPJS.

Halaman
12
Penulis: Didik Mashudi
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved