Breaking News:

Berita Nganjuk

Tahap Awal, Kabupaten Nganjuk Dapat Kuota 6.368 Dosis Vaksin Covid-19

Rencananya, pemberian vaksin covid-19 tersebut akan dilakukan mulai pekan depan dengan prioritas para tenaga kesehatan.

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: Parmin
surya.co.id/ahmad amru muiz
Kegiatan rapid tes covid-19 untuk mengetahui sebaran virus corona. 

SURYA.CO.ID | NGANJUK - Tahap awal, Kabupaten Nganjuk mendapatkan kuota 6.368 dosis vaksin covid-19. Rencananya, pemberian vaksin covid-19 tersebut akan dilakukan mulai pekan depan dengan prioritas para tenaga kesehatan.

Kasi Surveilans dan Imunimasi Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk, Suhartatik Kundariana mengatakan, berdasar hitungan dari Dinas Kesehatan Nganjuk setidaknya ada 3.184 tenaga Kesehatan di Kabupaten Nganjuk. Dimana setiap tenaga Kesehatan direncanakan akan mendapat dua dosis vaksin covid-19.

"Tapi kita lihat dahulu nanti, apakah kuota vaksin covid-19 sebanyak dua kali itu sudah mencukupi atau belum untuk seluruh tenaga kesehatan di Kabupaten Nganjuk," kata Suhartatik Kundariana, kemarin.

Dijelaskan Suhartatik, untuk waktu pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sendiri pihaknya belum bisa memastikan dimulai kapan.

Sebelumnya vaksinasi direncanakan akan dilakukan mulai tanggal 21 Januari 2021, namun belakangan waktunya dimajukan.

"Untuk itu, kepastiannya kapan vaksinasi itu dimulai kami masih menunggu pemberitahuan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur," ucap Suhartatik yang juga ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Nganjuk tersebut.

Memang, menurut Suhartatik, meskipun Kabupaten Nganjuk telah mendapatkan kuota ribuan dosis vaksin, namun vaksin covid-19 tersebut masih berada di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan menunggu proses distribusi.

Meski demikian, setidaknya ada sembilan Cold Chain atau tempat penyimpanan vaksin di gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk yang telah disiapkan.

"Jumlah cold chain itu juga telah ditambah dua Cold Chain bantuan dari Kementerian Kesehatan. Dan jumlah cold chain tersebut dirasa sudah cukup untuk menampung kuota vaksin covid-19 dari provinsi Jatim nantinya," ujar Suhartatik.

Sementara untuk teknis pelaksanaan vaksinasi sendiri, ungkap Suhartatik, Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk telah membuat beberapa simulasi pelayanan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved