Breaking News:

Berita Kediri

Tim Anggaran Pemkot Kediri Masih Membahas Kelanjutan Bantuan Kartu Sahabat

Pencairan Kartu Sahabat tahun 2021 masih menunggu dari tim anggaran Pemkot Kediri yang masih membahas

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Titis Jati Permata
surya.co.id/didik mashudi
Kartu Sahabat yang diberikan Pemkot Kediri kepada masyarakat terdampak Pandemi Covid-19 yang belum mendapatkan bantuan. 

SURYA.CO.ID, KEDIRI - Penerima Kartu Santunan Hadapi Bencana Tunai (Sahabat) di Kota Kediri mulai mempertanyakan kapan bantuan berupa uang tunai Rp 200.000 dan beras 10 kg per bulan per kepala keluarga dicairkan kembali.

Terkait pertanyaan itu, Triyono Kutut, Kepala Dinas Sosial Kota Kediri menjelaskan, untuk pencairan Kartu Sahabat tahun 2021 masih menunggu dari tim anggaran Pemkot Kediri yang masih membahas lebih lanjut.

"Kalau anggaran tersedia, dinas sosial siap untuk menyalurkannya,” tambah Triyono Kutut, Sabtu (9/1/2021).

Dijelaskan, Kartu Sahabat merupakan inisiatif dari Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar untuk membantu warga Kota Kediri yang terkena dampak Covid-19, namun masih belum terdaftar di bantuan mana pun baik dari pusat maupun bantuan dari provinsi.

Bantuan diberikan kepada warga Kota Kediri yang bukan berstatus aparatur sipil negara (ASN), pensiunan, dan anggota TNI/Polri.

Salah satu tujuan pemberian Kartu Sahabat untuk memastikan semua warga Kota Kediri bisa bertahan, minimal tidak kelaparan ketika pandemi Covid 19.

Selain itu memberikan dampak ke semua lini termasuk warga yang biasanya memiliki penghasilan yang cukup, mendadak tidak memiliki penghasilan sehingga untuk makan saja susah.

Kartu Sahabat telah dicairkan sejak bulan April-Desember 2020 dengan data penerima setiap bulannya selalu diperbarui.

Penerima Kartu Sahabat berdasarkan pelaporan dari RT/RW dan kelurahan yang mengetahui kondisi warganya.

Anggaran Kartu Sahabat diambilkan dari APBD Kota Kediri dan kelanjutannya saat ini masih akan dibahas.

Triyono Kutut juga menjelaskan, untuk penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) merupakan bantuan dari pusat dan penerimanya tidak sama dengan penerima Kartu Sahabat. "Dinas sosial hanya menyalurkan melalui Kantor Pos,” jelasnya.

Sementara untuk menjaga agar tidak terjadi kerumunan, lokasi penyaluran BST dipecah, tidak hanya di Kantor Pos Kota Kediri tapi juga di beberapa kantor kelurahan.

Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Sosial Tunai (BST) mendapatkan bantuan sebesar Rp 300.000 per KK dari Kemensos RI.

Syaratnya penerima masih belum menerima bantuan sosial yang lain mulai dari PKH hingga kartu prakerja dan merupakan keluarga yang terkena dampak Covid-19 seperti kehilangan pekerjaan dan penghasilan.

Di Kota Kediri penerima BST tahap pertama sebanyak 10.875 KPM. Rencananya BST disalurkan dari bulan Januari-April 2021.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved