Lifestyle

Tren Jam Tangan 2021: Warna Cerah dan Material Kulit Banyak Digemari   

Tidak hanya  penunjuk waktu, jam tangan kini telah menjadi bagian dari mode.

Penulis: Christine Ayu Nurchayanti | Editor: Parmin
surya.co.id/sugiharto
Seorang pembeli menunjukkan jam tangan tren 2021di Loyal Watch, Royal Plaza Surabaya, Jumat (8/1/2021). Tren jam tangan saat ini didominasi warna-warna cerah serta material jam kulit yang elegan.  

SURYA.co.id | SURABAYA - Tidak hanya  penunjuk waktu, jam tangan kini telah menjadi bagian dari mode.

Dari tahun ke tahun, trennya juga terus mengalami perubahan. Entah dari segi bentuk, warna, maupun detail yang digemari.

"Tren jam tangan dari tahun ke tahun terus berubah. Kalau dulu orang lebih senang yang formal klasik, sekarang masyarakat khususnya milenial lebih cari yang unik," ungkap pengamat sekaligus pengusaha jam tangan Lucky Chandra, Jumat (8/1/2021).

Saat ditemui di salah satu cabang tokonya di Royal Plaza Surabaya, ia menunjukkan sejumlah jam tangan yang saat ini kian diminati.

Dari segi bentuk, menurutnya masyarakat tidak lagi terpatok dengan model lingkaran. Tidak jarang yang memilih persegi, sedikit melengkung, atau tambahan detail serta ornamen dengan bentuk unik.

"Melihat sekarang orang-orang ingin tampil berbeda dengan yang lain. Jadi jam tangannya juga cenderung pilih yang unik," terang pemilik Loyal Watch 1975 ini.

Di samping itu, warna yang tren juga mengalami pergeseran. Jika dulu masyarakat lebih suka hitam dan warna netral, sekarang cenderung ke warna terang dan cerah.

"Seperti merah, hijau, biru, dan sebagainya. Saya lihat costumer banyak memilih jam tangan yang warnanya mencolok," katanya.

Menurut pengamatannya, tren ini bergeser sejak tiga tahun lalu saat media sosial semakin ramai digunakan. Masyarakat banyak yang mengunggah foto outfit menggunakan jam tangan.

"Sementara untuk material talinya, stainless sebenarnya tetap terus ada. Cuman sekarang lebih ke kulit. Selain casual, untuk formal pun juga bagus," ungkapnya.

Memang ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk merawat jam tangan kulit atau leather. Kuncinya yakni menjaga kelembaban dan menghindari air.

"Tipsnya, jangan terlalu sering kena air biar tidak cepat rusak. Ya kalau cuci tangan, sebaiknya jamnya dilepas dulu," ungkap Lucky.

Selain itu, oleskan lotion secara berkala di permukaan tali kulit supaya tetap lembab. Tidak ada lotion khusus, semua bisa digunakan.

"Paling gampang melihat kualitas leather itu dari kelenturan. Kalau lama dipakai, akan melengkung mengikuti pergelangan tangan. Sementara dari permukaan, leather yang baik memiliki tekstur yang terasa saat disentuh. Di samping tidak mudah mengelupas," pungkasnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved