Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Berikut Daftar Para Pejabat dan Tokoh di Jawa Timur yang Diusulkan Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama

Imunisasi vaksin Covid-19 pada warga Jawa Timur dipastikan akan dilakukan pekan depan, Rabu (14/1/2021), di RSUD dr Soetomo Surabaya.

SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Ketua Tim Kuratif Satgas Covid-19 Jatim, Joni Wahyuhadi saat Rapat Koordinasi terkait Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Jawa Timur via Zoom Di ruang Bhinaloka, Kantor Pahlawan, Jumat (8/1/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Imunisasi vaksin Covid-19 pada warga Jawa Timur dipastikan akan dilakukan pekan depan, Rabu (14/1/2021). Rumah sakit pertama yang akan melakukan vaksinasi telah ditunjuk, yaitu di RSUD dr Soetomo Surabaya.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Ketua Tim Kuratif Satgas Covid-19 Jatim, Joni Wahyuhadi saat rakor daring terkait vaksinasi dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Ruang Bhinaloka Kantor Pahlawan, Jumat (8/1/2021).

RSUD dr Soetomo sengaja dipilih sebagai fasyankes pertama yang melakukan vaksinasi, karena dianggap paling memiliki fasilitas yang lengkap. Guna mengantisipasi jika ada kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) pada sasaran vaksin.

"Rencananya, sebagai yang pertama kali melakukan vaksin, akan dilakukan di RSUD dr Soetomo, tanggal 14 Januari 2021. Karena dalam pelaksanaannya kami ingin mengantisipasi jika ada efek samping atau KIPI, maka di sana yang kami bersama anggap paling efektif dari segi peralatan dan lain-lain," tegas Joni.

Sebagaimana diketahui, bahwa SDM kesehatan menjadi sasaran utama vaksinasi di tahap pertama ini.

Namun, dalam pelaksanaan vaksinasi pertama di Jawa Timur ini, ada sejumlah nama yang diusulkan dari kalangan pejabat dan tokoh untuk bisa mendapatkan vaksinasi Covid-19 pertama. Tujuannya, untuk menimbulkan kepercayaan masyarakat terhadap vaksin Covid-19.

Nama-nama yang diusulkan untuk disuntik vaksin Covid-19 pertama dari Jatim adalah Wakil Gubernur Jatim, Pangdam V Brawijaya, Kapolda Jatim, RSUD Dr Soetomo, Ketua Tim Penggerak PKK Jatim, Dirut RSAL, Dirut RSJ Menur, Dekan FK Unair, Kepala BBPOM Surabaya, Ketua IDI Surabaya, Ketua Pemuda Ansor dan juga Ketua Pemuda Muhammadiyah.

"Itu baru usulan. karena Pemerintah Provinsi Jawa Timur diminta mengusulkan. Usulannya, untuk awalnya seperti itu. Ya nanti siapa yang memutuskan, ya dari gugus tugas pusat. Di-ACC apa tidak," kata Joni.

Meski begitu, Joni menyebutkan, bahwa vaksin covid-19 Sinovac yang akan segera didistribusikan ke masyarakat sudah dipastikan aman. Karena sudah uji klinis tahap ketiga. Sebab dikatakan dokter spesialis bedah saraf ini, vaksin yang telah melalui uji klinis tahap dua sudah dipastikan aman.

"Kalau sudah tahap tiga itu tinggal efektif atau tidaknya saja. Jadi sebenarnya aman. Namun tokoh diajukan untuk divaksinasi pertama adalah untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat, Pak Presiden kan juga divaksin pertama," tegas Joni.

Lebih lanjut Joni menyebutkan, bahwa total ada sebanyak 22,6 juta orang di Jatim yang menjadi sasaran mendapatkan vaksin. Sedangkan khusus untuk SDM Kesehatan ada sebanyak 196.459 orang. Padahal tahap pertama ini Jatim baru menerima sebanyak 77.760 dosis vaksin Covid-19.

"Simulasi untuk vaksinasi di RSUD dr Soetomo akan kami lakukan besok, hari Senin 11 Januari 2021," pungkas Joni yang juga Dirut RSUD dr Soetomo tersebut.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved