Berita Kampus Surabaya

Tujuan ITS bakal Sosialisasi SNMPTN dan UTBK - SBMPTN ke Sekolah-sekolah

ITS juga berencana melakukan sosialisasi secara daring kepada guru bimbingan konseling (BK) dan siswa sekolah menengah atas (SMA).

Penulis: Sulvi Sofiana | Editor: Parmin
surya.co.id/ahmad zaimul haq
Foto Ilustrasi, siswa kelas XII berkonsultasi dengan guru BK untuk pemilihan jurusan dan kampus jelang Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN). 

SURYA.CO.ID | SURABAYA -  Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah merilis jadwal Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer - Seleksi Bersama Masuk PTN (UTBK - SBMPTN), Senin (4/1/2021) lalu. 

Sebagai salah satu PTN di Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) telah mempersiapkan kegiatan sosialisasi ke sekolah-sekolah.

Direktur Pendidikan ITS Siti Machmudah menyoroti perbedaan pada tiga jalur yang dibuka, yakni SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri tahun ini.

Sistem seleksi masuk PTN tahun ini tidak hanya untuk program studi sarjana (S1). 

“Tetapi juga untuk program studi sarjana terapan (D4),” imbuhnya. 

Meskipun seluruh informasi dapat diakses di laman LTMPT, menurutnya, masih perlu dilakukan sosialisasi oleh para PTN kepada pihak sekolah-sekolah. 

Untuk itu, ITS juga berencana melakukan sosialisasi secara daring kepada guru bimbingan konseling (BK) dan siswa sekolah menengah atas (SMA) atau yang sederajat dalam waktu dekat ini.

 “Melalui sosialisasi ini, harapannya agar guru maupun siswa semakin paham tentang cara pendaftaran dan pemilihan prodi (program studi),” terang dosen Departemen Teknik Kimia ITS ini. 

Selain sosialisasi daring, ungkap Machmudah, ITS juga akan mempersiapkan ruangan untuk pelaksanaan tes UTBK yang menjadi penilaian untuk jalur SBMPTN. 

“Untuk UTBK ini, gelombang I akan dilaksanakan pada tanggal 12-18 April 2021 dan gelombang II akan dilaksanakan pada tanggal 26 April-2 Mei 2021,” bebernya.

Terkait materi UTBK, perempuan berhijab ini menyebutkan bahwa materi tes UTBK nantinya akan sama seperti tahun 2019.

 “Bedanya dengan tahun 2020 lalu yang cuma ada TPS, tahun ini akan ada TPS dan TKA, serta ada pilihan saintek, soshum, dan campuran,” tambahnya.

Machmudah berharap agar proses seleksi masuk PTN tahun ini yang masih berada di tengah pandemi bisa berjalan dengan lancar hingga selesai. 

Ia pun berpesan untuk para siswa maupun guru BK agar tetap mengikuti perkembangan pengumuman di portal LTMPT.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved