Breaking News:

Berita Bojonegoro

Jelang Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bojonegoro, 48 Fasilitas Kesehatan Disiapkan

Vaksin akan dibagikan ke 38 Kabupaten/Kota, termasuk Bojonegoro yang mendapat alokasi tahap pertama 8.786 vaksin.

surya.co.id/ahmad zaimul haq
Petugas medis menunjukkan contoh (dummy) vaksin covid di sela simulasi vaksinasi covid-19 yang dilakukan di RSI Jemursari Kota Surabaya, Jumat (18/12/2020). 

SURYA.CO.ID, BOJONEGORO - Kabar baik vaksin covid-19 Sinovac untuk Pemprov Jatim telah tiba di Surabaya, Senin (4/1/2021).

Vaksin akan dibagikan ke 38 Kabupaten/Kota, termasuk Bojonegoro yang mendapat alokasi tahap pertama 8.786 vaksin.

Pihak Pemkab Bojonegoro juga telah menyiapkan segala sesuatu untuk proses vaksinasi, seperti fasilitas kesehatan (Faskes) hingga tenaga kesehatan (nakes) yang akan bertugas.

Jubir Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bojonegoro, Masirin mengatakan, ada 48 faskes yang disiapkan dalam rangka vaksinasi.

Jumlah tersebut meliputi 36 puskesmas, 10 rumah sakit dan 2 klinik.

"Untuk tempat vaksinasi ada 48 faskes, itu sudah kita rapatkan kemarin," ujarnya dikonfirmasi, Rabu (6/1/2021).

Kabag Humas dan Protokol Pemkab itu menjelaskan, selain faskes pihaknya juga menyiapkan nakes yang akan bertugas menyuntikkan vaksin.

Untuk satu faskes bisa satu tim nakes sejumlah 5 orang yang ditugaskan, atau bahkan bisa lebih dari satu tim setiap faskesnya, menyesuaikan.

"Idealnya satu faskes satu tim nakes, tapi bisa juga lebih dan sudah kita siapkan untuk proses vaksinasi ini. Mengenai kapan vaksin tiba masih kita tunggu," bebernya.

Ditambahkan Masirin, Pemkab juga sudah menyiapkan cold chain (rantai dingin) untuk menyimpan vaksin saat tiba hingga pada proses pendistribusian.

Cold chain bisa menjaga suhu vaksin pada kondisi idealnya, sehingga kualitasnya tetap terjaga dari awal sampai pelaksanaan vaksinasi.

"Cold chain sudah kita siapkan juga. Bojonegoro sudah tidak lagi zona merah sebaran covid-19, sehingga ia meminta masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, di antaranya pakai masker, jaga jarak aman dan cuci tangan," pungkasnya.

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Jawa Timur, Per Selasa (5/1/2021), angka positif di Bojonegoro mencapai 1396 kasus. Rinciannya, 1081 sembuh, 218 dirawat dan 97 meninggal.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved