Breaking News:

Deklarasi Partai Ummat

Partai Ummat Segera Dideklarasikan, Sebut 80 Persen Pemilih PAN Akan Pindah Haluan

Ditargetkan, deklarasi bisa dilaksanakan Januari-Februari mendatang. "(Calon) Pengurus di 34 provinsi sebenarnya sudah siap

surya/bobby koloway
Mantan Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PAN Jatim, Sugeng. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Deklarasi atas pembentukan Partai Ummat yang dicetuskan Amien Rais, akan segera dilakukan awal tahun ini. Dan di Jawa Timur, sejumlah rangkaian deklarasi lanjutan turut dipersiapkan meski ditargetkan untuk deklarasi antara Januari-Februari 2021.

"Secara umum, (deklarasi) di Jawa Timur menunggu dari pusat. Begitu pusat (DPP) deklarasi, pengurus tingkat Jawa Timur dengan diikuti pengurus tingkat kabupaten/kota menyusul," kata salah satu calon inisiator Partai Ummat Jatim, Sugeng kepada SURYA, Jumat (1/1/2020).

Ditargetkan, deklarasi bisa dilaksanakan Januari-Februari mendatang. "(Calon) Pengurus di 34 provinsi sebenarnya sudah siap," kata Sugeng.

Sejumlah persiapan dilakukan. Termasuk mematangkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). "Terkait hal ini, Pak Amien tidak ingin terburu-buru dan mempersiapkan dengan matang," katanya.

Dalam susunan pengurus, Partai Ummat di Jawa Timur rencananya akan diisi banyak politisi muda. Partai Ummat tak akan gegabah merekrut kader partai lain, termasuk kader dari PAN sebagai partai yang juga dibesarkan Amien Rais.

"Kami menyarankan tidak ada bajak-membajak kader. Pengurus Partai Ummat harus didasarkan pada komitmen membesarkan partai," ujar Sugeng.

Sekalipun demikian, sebagai mantan Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PAN Jatim, Sugeng mengaku mengetahui peta politik internal saat ini. Mayoritas pemilih telah meninggalkan PAN. "Teman-teman PAN sebenarnya sudah sangat paham. Dan 80 persen pemilih PAN beralih ke Partai Ummat," klaim Sugeng.

Perpindahan arus dukungan tersebut tidak lepas dari figur Amien Rais. Pemilih PAN mendukung partai berlambang matahari bersinar ini pun karena figur Amien Rais. "Sama seperti PDI Perjuangan yang melihat sosok Megawati. Pemilih PAN pun tak lepas dari figur Amien Rais," katanya.

Pun demikian dengan suara Muhammadiyah sebagai basis pemilih loyal PAN. "Kami tak menyebut 100 persen, mayoritas (pemilih) akan beralih," katanya.

Sebagai perbandingan, PAN pada pemilu 2019 mendapatkan 1.209.375 suara. "Hitungan kami, sebesar 600 ribu sampai 700 ribu pemilih PAN di Jatim yang berasal dari Muhammadiyah, akan beralih ke Partai Ummat," katanya.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved