Breaking News:

Travel

Libur Akhir Tahun, Segini Jumlah Penumpang yang Terbang dari Bandara Juanda Surabaya

Tiga bandara di bawah naungan AP I dengan traffic tertinggi, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Juanda dan Bandara Ngurah Rai

surya.co.id/ahmad zaimul haq
Suasana terminal keberangkatan di Bandara Internasional Juanda Surabaya 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Pada musim libur akhir tahun, jumlah penumpang di Bandara Juanda tercatat mengalami peningkatan.

Data per tanggal 29 Desember 2020, tercatat Bandara Juanda telah melayani sebanyak 14.526 penumpang.

Angka tersebut bertambah di hari berikutnya. Dimana tanggal 30 dan 31 Desember 2020, total penumpang masing-masing mencapai 17.152 dan 14.838.

"Di momen libur akhir tahun, terus terjadi peningkatan penumpang dari hari ke hari," ujar Stakeholder Relation Manager Bandara Juanda, Yuristo Ardhi Hanggoro, Jumat (1//1/21).

Sementara itu, Direktur Utama AP I, Faik Fahmi menyatakan, dari seluruh bandara di Angkasa Pura I pada periode libur Natal dan Tahun Baru, sejak 19 hingga 29 Desember 2020 telah melayani 1.203.488 penumpang.

Dari total angka itu, kata Faik, tercatat tiga bandara dengan traffic tertinggi, di antaranya Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar, Bandara Juanda di Surabaya dan Bandara Ngurah Rai di Bali.

"Jika dihitung secara rinci, jumlah penumpang di Bandara Sultan Hasanuddin sepanjang periode tersebut sebanyak 259.418 orang, Bandara Juanda sebanyak 226.041 penumpang dan disusul oleh bandara Ngurah Rai sebanyak 150.495 penumpang," jelas Faik.

Terkait bandara Ngurai Rai berada diposisi ketiga pada data trafik penumpang dimasa nataru ini, kata Faik, merupakan hal yang lumrah dan wajar.

“Sebelum ada pandemi, setiap musim libur Nataru, bandara di Bali selalu melayani traffic tertinggi. Namun, hal ini tentu berbeda jika dimasa pandemi ini, karena penerbangan internasional ditiadakan, maka posisinya yang berada di bawah Bandara Hasanuddin dan Juanda adalah wajar,” pungkasnya.

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved