Breaking News:

Berita Blitar

Ribuan Siswa SD dan SMP di Kota Blitar Belum Dapat Dana Bantuan Program Indonesia Pintar

Sebanyak 2.149 siswa SD dan SMP di Kota Blitar belum menerima pencairan dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dari pemerintah pusat

SURYA.CO.ID/Samsul Hadi
Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Blitar, Didit Rahman Hidayat. 

SURYA.co.id | BLITAR - Sebanyak 2.149 siswa SD dan SMP di Kota Blitar belum menerima pencairan dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dari pemerintah pusat pada 2020 ini.

Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Blitar, Didit Rahman Hidayat, menyatakan terhambatnya pencairan dana bantuan PIP karena kurang sinkronisasi data siswa dengan bank yang ditunjuk pemerintah pusat untuk pencairan dana bantuan.

"Selain itu minimnya informasi dari pemerintah pusat juga menjadi pemicu keterlambatan pencairan dana bantuan PIP kepada siswa," kata Didit, Minggu (27/12/2020). 

Dikatakannya, sering kali data siswa penerima bantuan yang dimiliki Dinas Pendidikan tidak sama dengan data di bank. 

Ada beberapa nama siswa yang dinyatakan sudah menerima pencairan dana bantuan PIP, tetapi ternyata belum melakukan aktivasi di bank.

"Datanya kurang sinkron, kami segera mensinkronkan data agar dana bantuan bisa cepat cair karena waktunya sudah mepet," ujarnya. 

Menurutnya, jumlah total siswa SD dan SMP di Kota Blitar yang mendapatkan dana bantuan PIP sebanyak 5.593 anak.

Rinciannya, 3.501 siswa tingkat SD dan 2.092 siswa tingkat SMP. 

Dari jumlah total itu, siswa SD dan SMP yang sudah menerima pencairan dana bantuan PIP sebanyak 3.444 anak yang terdiri atas 1.391 siswa SD dan 1.053 siswa SMP. 

"Hingga mendekati akhir tahun ini masih ada sebanyak 2.149 siswa SD dan SMP yang belum menerima pencairan dana bantuan PIP dari pemerintah pusat," katanya. 

Didit mengatakan dana bantuan PIP dari pemerintah pusat itu diutamakan diberikan kepada siswa dari keluarga kurang mampu yang masuk daftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Dana bantuan PIP diberikan satu tahun sekali dengan nilai Rp 450.000 untuk siswa SD dan Rp 750.000 untuk siswa SMP. 

"Dana bantuan itu untuk tambahan mencukupi kebutuhan siswa dari keluarga kurang mampu. Dana bantuan diberikan satu tahun sekali," ujarnya.

Penulis: Samsul Hadi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved