Breaking News:

Penanganan Covid

Apa itu virus D614G yang Disebut Varian Baru Virus Corona? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Mutasi baru Virus Corona D614G dilaporkan telah terdeteksi di 13 negara, Mutasi D614G kemungkinan lebih menular namun lebih mudah dimatikan,

Penulis: Abdullah Faqih
Editor: Adrianus Adhi
Latestly
Ilustrasi Mutasi Virus Corona, D614G 

Penulis: Abdullah Faqih | Editor: Adrianus Adhi

SURYA.co.id, - Mutasi baru Virus Corona D614G dilaporkan telah terdeteksi di 13 negara, Mutasi D614G kemungkinan lebih menular namun lebih mudah dimatikan, Minggu (27/12/2020).

Penanganan pandemi Virus Corona masih terus berlangsung hingga saat ini.

Terbaru, ditemukan mutasi baru Virus Corona D614G yang terdeteksi di 13 negara yaitu Malaysia, Filiphina, Afrika Selatan, Singapura, Inggris, Belanda, Denmark, Australia, Italia, Irlandia Utara, Israel, Gibraltar, dan Perancis.

Sementara itu, riset dari kelompok kerja genetik dan tim Universitas Gadjah Mada, berhasil mengidentifikasi keseluruhan informasi genetik 19 sampel virus SARS-CoV-2 dari Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Ilustrasi Virus Corona D614G
Ilustrasi Virus Corona D614G (Nicolas Asfouri/AFP)

Dari jumlah itu, 17 di antaranya mengandung mutasi D614G (golongan GH dan GR). Sedangkan satu virus lainnya termasuk yang sesuai dengan susunan genom virus SARS-CoV-2 dari Wuhan China (golongan L) dan satu golongan O.

Berikut hal-hal yang perlu diketahui mengenai Mutasi Virus D614G

Apa itu Mutasi Virus?

Melansir artikel Kompas.com berjudul "Riset: Mutasi Virus Corona D614G Berpengaruh Besar di Indonesia" Mutasi virus merupakan perubahan sifat genetik atau struktur virus, yang terjadi saat virus berkembang biak di dalam sel tubuh inangnya.

Menurut Gunadi, Head, Genetics Working Group and Internationalisation, Faculty of Medicine, Public Health and Nursing, Universitas Gadjah Mada, Mutasi D614G mempunyai dampak yang serius: virus corona mutasi ini memiliki daya infeksi 10 kali lipat pada sel kultur, virus lebih bertahan di tubuh manusia, dan virus menyebar 20% lebih cepat antarmanusia.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved