Breaking News:

Berita Magetan

Tim Gabungan Satgas Covid-19 Magetan Razia Pelintas Perbatasan Jatim - Jateng

Kalau tak punya surat keterangan sehat dan tidak mau menjalani rapid test, akan disuruh kembali ke daerah asal atau karantina di Magetan.

SURYA.CO.ID/Doni Prasetyo
Polres Magetan, Kodim 0804, Dinas Kesehatan, BPBD dan Dinas terkait melakukan rapid test kepada warga pelintas batas Jawa Timur (Jatim) dan Jawa Tengah (Jateng) di Dusun Cemorosewu, Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jatim, Jumat (25/12/2020). 

SURYA.CO.ID, MAGETAN - Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Magetan, Jawa Timur, lakukan rapid test bagi warga pelintas batas Jawa Timur (Jatim) dan Jawa Tengah (Jateng). Tepatnya, di Dusun Cemorosewu, Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jatim dan Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jateng.

"Pertama kami periksa surat kesehatan dari daerah asal, kalau memang belum ada, kami persilakan rapid test Covid-19 di pos yang disediakan, gratis," kata Kapolres Magetan, AKBP Festo Ari Permana di Pos Terpadu Dusun Cemorosewu, Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan.

Dikatakannya, tim Satgas Covid-19 yang juga didukung Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magetan dan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polres Magetan, selain berpindah (mobile), tim rapid test gabungan Satgas Covid-19 ini juga ada di sejumlah pintu perbatasan di Kabupaten Magetan.

"Kami lakukan rapid tes ini bagi pelintas batas selama Operasi Lilin 2020, dari tanggal 24 Desember 2020 kemarin, hingga 4 Januari 2021 mendatang," kata Festo.

Menurut Festo, selama melakukan rapid test di perbatasan belum menemukan warga pelintas perbatasan yang reaktif.

"Sementara ini yang kami tes cepat (rapid test) belum ada yang reaktif. Kalau pun yang reaktif kami lanjut dengan swab PCR (Polymerase Chain Reaction) sesuai mekanisme penanganan Covid-19," ungkap Festo.

"Meski belum ditemukan yang reaktif, tetap kami imbau patuhi protokol kesehatan, pakai masker, sering cuci tangan jaga jarak, jauhi atau jangan buat kerumunan," imbuh Festo.

Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Magetan yang ikut bergabung di antaranya selain dari Polres, Dokkes Polres, juga Dinkes, BPBD dan instansi terkait lainnya.

"Mudah-mudahan semua patuh, belum ditemukan warga pelintas batas yang tidak mau dilakukan rapid test. Kalau memang tidak punya surat keterangan sehat dari daerah asal dan tidak mau menjalani rapid test, langsung kami suruh kembali atau karantina," tegasnya.

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved