Breaking News:

Berita Surabaya

Lokasi dan Mekanisme Layanan Rapid Test Antigen di Wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya Saat Nataru

PT KAI Daop 8 Surabaya menyediakan layanan rapid antigen di empat stasiun yang berada di wilayahnya

SURYA.CO.ID/Fikri Firmansyah
Antrean para penumpang kereta api yang antre memadati posko layanan rapid test antigen di Stasiun Gubeng Surabaya, Jumat (25/12/2020). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Selama momen angkutan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru), pemerintah melalui Kementerian Perhubungan RI telah memberlakukan test rapid antigen sebagai syarat melakukan perjalanan kereta api (KA) Jarak Jauh untuk periode 22 Desember 2020, hingga 8 Januari 2021.

Hal tersebut sendiri telah tertuang pada Surat Edaran (SE) Nomor 23 Tahun 2020 mengenai Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dengan Transportasi Perkeretaapian Selama Masa Natal 2020 Dan Tahun Baru 2021 Dalam Masa Pandemi Corona Virus Desease (Covid-19).

Merujuk pada peraturan tersebut, Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto mengatakan, pihaknya telah menyediakan layanan rapid antigen di Stasiun Surabaya Gubeng (07.00-18.00), Surabaya Pasarturi (07.00-18.00), Stasiun Malang dan Sidoarjo (07.00-16.00).

Adapun berkas rapid antigen berlaku 3 hari setelah tanggal tes rapid dilakukan.

Untuk menghindari resiko tertinggal KA sendiri, kata Suprapto, seluruh calon pengguna yang memilih untuk melakukan rapid antigen di stasiun, diimbau untuk melakukan tes, paling lama H-1 sebelum tanggal keberangkatan.

"Jika pun terpaksa melakukan rapid antigen pada hari yang sama dengan hari keberangkatan, alangkah baiknya calon pengguna untuk menyiapkan rentang waktu yang cukup jauh atau tidak disarankan datang 3 jam sebelum keberangkatan mengingat antrean rapid antigen di stasiun cukup padat," jelas Suprapto, Jumat (25/12/20).

Ditanyai syarat untuk melakukan rapid antigen, Suprapto mengatakan, dengan menunjukan tiket KA atau kode booking pada saat pendaftaran rapid antigen, kemudian membayar biaya sebesar Rp 105.000.

Untuk mengatasi antrean yang mungkin ada pada layanan rapid antigen di stasiun, Daop 8 Surabaya telah menata alur layanan rapid antigen dengan teratur.

Yakni, menyediakan ruang tunggu dengan kapasitas yang lebih memadai, memisahkan antara calon penumpang saat mendaftar, pengambilan sampel, sampai menunggu hasil.

Sementara terkait mekanisme pelayanan rapid test antigen di empat stasiun itu, dipaparkan Suprapto sebagai berikut:

1. Bagi penumpang yang mau rapid, ambil nomor antrean dulu ke customer service.

2. Menyerahkan nomor antrean ke counter rapid.

3. Pengambilan sample.

4. Menunggu hasil rapid.

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved