Breaking News:

 28 UKM Mie di Jatim Dapat Sertifikat Halal melalui Bogasari

Penyerahan secara simbolis sertifikat halal untuk pedagang mie yang menjadi mitra dari Bogasari yang pada Rabu (23/12/2020) diberikan pada 50 UMKM. 

foto: bogasari
Penyerahan secara simbolis sertifikat halal untuk pedagang mie yang menjadi mitra dari Bogasari yang pada Rabu (23/12/2020) diberikan pada 50 UMKM.  

SURYA.co.id | SURABAYA - Untuk yang kedua kalinya, PT Indofood Sukses Makmur Tbk Divisi Bogasari berhasil membantu pengurusan sertifikat halal UKM mie ayam mitra binaannya.

Bahkan jumlah UKM yang meraih sertifikat halal tahun 2020 ini sebanyak 50 UKM atau 2 kali lipat dibanding tahap pertama tahun 2019 yakni 20 UKM.

Dari jumlah tersebut, 28 UKM berasal dari beberapa kota di Jawa Timur yakni Surabaya, Malang, Kediri, Sidoarjo, Banyuwangi, Pasuruan, Ponorogo, Madiun, dan lainnya.

Para UKM mie ayam ini merupakan anggota Paguyuban Mie Tunggalrasa dan Paguyuban Mie Ayam Surabaya (PAMAS).

"Sudah menjadi komitmen Bogasari, apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini, untuk menjaga keberlangsungan dan peningkatan usaha para UKM," kata Erwin Sudharma, Wakil Kepala Divisi Bogasari, Kamis (24/12/2020).

Kegiatan penyerahan Sertifikat Ketetapan Halal untuk 50 UKM telah dilakukan Rabu (23/12/2020). Tidak hanya menyerahkan, tapi sejak dalam tahap pengurusan, Bogasari telah mendukung prosesnya hingga tuntas.

Kegiatan untuk para mitra pedagang mie ini sudah dilakukan Bogasari sejak tahun 2019 lalu.

Lebih lanjut, Erwin menjelaskan, jumlah konsumsi tepung terigu dari masing-masing usaha 50 UKM mie penerima sertifikat ini beragam. Mulai dari 8 sak atau 200 kg per bulan hingga ada yang 75 ton per bulan.

Sehingga kalau ditotalkan jumlah pemakaian terigu 50 UKM ini bisa mencapai 600 ton per bulannya. Sementara serapan tenaga kerja dari 50 UKM ini bisa mencapai 5.300 pekerja.

"Ini baru produktivitas dan serapan tenaga kerja 50 UKM dari ribuan UKM mitra binaan Bogasari. Jadi wajar, Pemerintah apalagi Bogasari sangat peduli terhadap keberlangsungan usaha para UKM apalagi di tengah tantangan ekonomi akibat pandemi ini," ungkap Erwin. 

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved