Breaking News:

Update Pilkada Surabaya 2020: Machfud Arifin Resmi Gugat Kemenangan ErJi ke Mahkamah Konstitusi

Gugatan Pilkada Surabaya 2020 telah resmi masuk Mahkamah Konstitus (MK), paslon Machfud Arifin-Mujiaman inginkan kemenangan Eri-Armuji didiskualifikas

surya.co.id/sugiharto
Calon Walikota Surabaya, Machfud Arifin didampingi Calon Wakil Walikota, Mujiaman dalam satu kesempatan. 

Penulis: Abdullah Faqih | Editor: Iksan Fauzi

SURYA.co.id, - Gugatan Pilkada Surabaya 2020 telah resmi masuk Mahkamah Konstitus (MK), paslon Machfud Arifin-Mujiaman inginkan kemenangan Eri-Armuji didiskualifikasi, Senin (21/12/2020).

Hasil Pilkada Surabaya 2020 menunjukkan kemenangan pasangan-calon Eri Cahyadi-Armuji dengan prosentasi sebesar 57% total suara. 

Sementara Machfud Arifin - Mujiaman hanya meraup total 43% suara dalam pilkada Surabaya 2020.

Hasil rekapitulasi inipun telah ditetapkan dalam Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Tahun 2020 Nomor: 1419/PL.02.6-Kpt/3578/KPU-Kot/XII/2020.

Total suara Pilkada Surabaya 2020. Eri Cahyadi-Armuji unggul 57 persen
Total suara Pilkada Surabaya 2020. Eri Cahyadi-Armuji unggul 57 persen (KPU.go.id)

Atas penetapan ini, pasangan Machfud Arifin-Mujiaman (Maju)  melalui kuasa hukumnya secara resmi mengajukan gugatan atas hasil perhitungan suara Pilwali Surabaya yang memenangkan Paslon Eri Cahyadi-Armuji (ErJi).

Pendaftaran tersebut diwakilkan melalui tim hukum yang terdiri dari Veri Junaidi SH MH, Febri Diansyah SH, Donal Fariz SH MH, Jamil Burhan SH, Slamet Santoso SH, dan Muhammad Sholeh SH.

Indikasi Kecurangan dan Mobilisasi Birokrasi

Dalam permohonannya, Machfud Arifin meminta MK mendiskualifikasi Pasangan Calon Nomor Urut 1, Eri Cahyadi-Armuji (ErJi) sebagai Pemenang Pilwali Surabaya 2020.

Hal ini tidak bisa dilepaskan dari fakta dan argumentasi permohonan yang menunjukkan adanya kecurangan secara terstuktur, sistematis dan massif.

Halaman
1234
Penulis: Abdullah Faqih
Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved