Breaking News:

Pemprov Jatim

Pemprov Jatim Salurkan Dana Bagi Hasil Cukai untuk Optimalkan Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat

Pemprov Jatim tahun ini telah mendapatkan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT)  Rp 1,755 triliun.

surya.co.id/sri handi lestari
Ilustrasi petani tembakau 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemprov Jatim tahun ini telah mendapatkan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT)  Rp 1,755 triliun.

Jumlah tersebut sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 Tahun 2020, yang lebih kecil dibanding

Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 13/PMK.07/2020 yang seharusnya senilai Rp 1,842 triliun.

"Penurunan itu karena adanya pandemi covid 19. Dan hal tersebut sudah sesuai dengan aturan yang berlaku, dan sesuai dengan aturan juga telah kami salurkan untuk program-program yang bisa mengoptimalkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Jatim," kata Tiat S Suwardi,  Kepala Biro Perekonomian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim, Jumat (18/12/2020) lalu.

Meski lebih rendah dari aturan PMK, jumlah itu lebih tinggi atau naik dibanding DBH CHT tahun 2019 yang diterima Pemprov Jatim senilai Rp 1,602 triliun.

Penggunaan DBH CHT sesuai UU nomor 39 tahun 2007 tentang Cukai dan PMK nomor 7/PMK.07/2020 tentang Penggunaan, Pemantauan dan Evaluasi DBH CHT  tertuang dalam lima program.

Yaitu peningkatan kualitas bahan baku, pembinaan industri, pembinaan lingkungan sosial, sosialisasi ketentuan di bidang cukai, dan pemberantasan Barang Kena Cukai Ilegal.

Dari lima program itu, di Jatim telah dilaksanakan kegiatan pembinaan, bantuan sarana dan prasarana usaha tani serta bantuan pupuk kepada petani tembakau.

"Juga ada kegiatan pelayanan dan pengadaan alat kesehatan dan obat-obatan di rumah sakit maupun puskesmas, pembayaran iuran jaminan kesehatan bagi penduduk miskin, pelatihan bagi tenaga kesehatan," ungkap Tiat.

Pembayaran iuran jaminan kesehatan bagi masyarakat miskin ini juga diakui oleh Badan Pengelolaan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Jawa Timur.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved