Breaking News:

Pilkada Surabaya 2020

Jadi Pihak Termohon Gugatan terkait Hasil Pilkada Surabaya 2020, begini Reaksi KPU

"Kami masih akan mempelajari (berkas gugatan). Apapun yang dimohonkan, juga akan kami pelajari terlebih dahulu," kata Ketua KPU Surabaya, Nur Syamsi.

surya/fatimatuz zahro
Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya angkat bicara soal permohonan gugatan pasangan tim Machfud Arifin - Mujiaman di Mahkamah Konstitusi (MK). Dalam permohonan ini, KPU Surabaya sebagai termohon. 

"Kami masih akan mempelajari (berkas gugatan). Apapun yang dimohonkan, juga akan kami pelajari terlebih dahulu," kata Ketua KPU Surabaya, Nur Syamsi kepada Surya.co.id dikonfirmasi di Surabaya, Senin (21/12/2020). 

Apabila permohonan tersebut nantinya diterima (ter-registrasi) sehingga akan disidangkan oleh MK, KPU juga tak menutup kemungkinan untuk menyiapkan penasehat hukum.

"Kami juga akan menunjuk kuasa hukum," katanya. 

Berdasarkan laman resmi Mahkamah Konstitusi (MK) Permohonan pasangan Machfud Arifin-Mujiaman masuk pukul 11.54 WIB.

Dalam berkas permohonan tersebut, Machfud Arifin-Mujiaman menyebutkan sejumlah dugaan pelanggaran yang dilakukan rivalnya, pasangan Eri Cahyadi dan Armuji dalam Pilkada Surabaya 2020.

Mereka juga menyampaikan sejumlah petitum. 

Di antaranya, memohon MK membatalkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kota Surabaya Nomor: 1419/PL.02.6-Kpt/3578/KPU-Kot/XII/2020 tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Surabaya Tahun 2020, tanggal 17 Desember 2020, pukul 12.47 WIB. 

Kemudian, mendiskualifikasi Pasangan Calon Nomor Urut 1 Eri Cahyadi, S.T., M.T. - Ir. Armudji sebagai Pemenang Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kota Surabaya.

Juga memerintahkan KPU Kota Surabaya untuk menerbitkan surat Keputusan yang menetapkan Pasangan Calon Nomor Urut 2 Drs. Machfud Arifin, S.H. - Mujiaman sebagai Walikota dan Wakil Walikota Terpilih dalam Pemilihan
Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kota Surabaya Tahun 2020.

Serta, memerintahkan kepada Komisi Pemilihan Umum Kota Surabaya untuk melaksanakan putusan ini.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved