Breaking News:

Berita Malang Raya

Servis Gratis Barang Bukti Kendaraan Bermotor yang akan Diambil Pemiliknya di Kejari Kota Malang

Kendaraan barang bukti tersebut lama tidak digunakan dan dinyalakan mesinnya, sehingga biasanya mengalami mogok dan sulit distarter.

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Titis Jati Permata
tribun jatim/kukuh kurniawan
Pemilik mengecek kendaraannya, usai mendapat layanan servis gratis barang bukti kendaraan bermotor Kejari Kota Malang. 

SURYA.CO.ID, MALANG - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Malang memberikan layanan servis gratis barang bukti kendaraan bermotor yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap (inkracht) dari pengadilan.

Kasi Barang Bukti dan Barang Rampasan Kejari Kota Malang, Ferdinan Cahyadi mengatakan inovasi layanan itu dilaunching bulan Juli 2020.

"Jadi barang bukti kendaraan bermotor yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap (inkracht) dari pengadilan, dapat diambil pemilik atau perwakilan keluarga dari pemilik barang bukti kendaraan bermotor tersebut," ujar Ferdinan Cahyadi, Sabtu (19/12/2020).

Menurut Ferdinan, kendaraan barang bukti tersebut lama tidak digunakan dan dinyalakan mesinnya, sehingga biasanya mengalami mogok dan sulit distarter.

"Melalui layanan ini, kami akan membetulkan busi atau bagian dari kendaraan, sehingga mesinnya bisa nyala dan dapat langsung dibawa pulang oleh pemilik atau perwakilan keluarga dari pemilik barang bukti kendaraan bermotor," ujarnya, Sabtu (19/12/2020).

Ia menjelaskan, layanan servis gratis tersebut diletakkan di halaman belakang gedung Kejari Kota Malang, dekat dengan gudang barang bukti kendaraan bermotor.

"Perbaikan yang dilakukan layanan gratis ini hanya berupa servis ringan, tidak sampai servis berat. Karena kalau servis berat seperti misalnya turun mesin harus memiliki peralatan bengkel yang lebih lengkap," tambahnya.

Selain itu di dalam layanan servis gratis itu, juga terdapat layanan jasa antar kendaraan barang bukti kendaraan bermotor.

Namun layanan jasa antar itu hanya diperuntukkan khusus untuk wilayah Malang Kota.

"Bila pemilik atau perwakilan keluarga dari pemilik barang bukti kendaraan bermotor itu sibuk dan tidak bisa datang ke sini, maka bisa langsung menghubungi kami. Nanti barang bukti kendaraan bermotor akan kami cek dan kami nyalakan mesinnya sehingga dapat dipakai normal," jelasnya.

Setelah itu kendaraan tersebut akan dinaikkan ke mobil pick up yang telah disediakan, lalu diantarkan ke alamat pemilik atau perwakilan keluarga dari pemilik barang bukti kendaraan bermotor.

Dirinya mengakui sejak layanan itu dibuka, banyak masyarakat mengapresiasi positif hal tersebut.

"Dan untuk sementara ini yang paling banyak kami tangani adalah servis barang bukti sepeda motor. Karena di tempat kami, memang barang bukti kendaraan yang paling banyak adalah sepeda motor," tandasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved