Breaking News:

Lifestyle

Tips Melancarkan ASI ala Influencer Sherly Lembono

Influencer Sherly Lembono termasuk satu di antara ibu beruntung yang memiliki air susu melimpah.

surya.co.id/akira tandika
Sherly Lembono menggendong sang anak, Jason Miles Gamafu saat merayakan ulang tahun pertama. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Influencer Sherly Lembono termasuk satu di antara ibu beruntung yang memiliki air susu melimpah. Ia bahkan mensyukuri hal ini dengan cara membagikan beberapa liter ASI miliknya ke panti asuhan.

"Daripada membeli susu formula, lebih baik saya donorkan ASI ini untuk mereka yang membutuhkan," ujarnya saat ditemui beberapa waktu lalu.

Menurut Sherly, banyak faktor yang membuat ASI bisa lancar dan melimpah. Tapi yang paling berpengaruh adalah pada asupan gizi serta cara seorang ibu mengontrol emosi sehingga tidak mudah stress.

"Saya merasakan sendiri, dengan kita mengendalikan emosi ASI akan lancar. Saya terhitung jarang stress, itu salah satu faktor yang membuat ASI lancar. Selain itu, tentu asupan makanan yang kita konsumsi juga berpengaruh," jelasnya.

Menurut Sherly, hal-hal simpel tersebut yang jarang dilakukan oleh kebanyakan ibu.

Dilansir dari theasianparent.com, penyebab tidak lancarnya ASI juga karena jarang dikeluarkan. Caranya, dengan memompa ASI saat malam atau langsung menyusukan pada bayi.

Konsultan Laktasi Internasional Rachel O'Brien menyebutkan, dengan rutin mengeluarkan stok ASI setiap malam akan meningkatkan produksi ASI tiap harinya.

Selain itu, ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI. Makanan ini mengandung lemak sehat, vitamin, mineral, fitonutrien, dan antioksidan yang ideal untuk ibu menyusui, di antaranya:

1. Alpukat
Alpukat merupakan pembangkit tenaga untuk ibu menyusui. Banyak ibu menyusui yang kerap mengeluh sering lapar karena permintaan kalori dalam tubuh yang cukup tinggi.

Alpukat memiliki kandungan 80 persen lemak yang dapat membantu menjaga rasa kenyang lebih lama. Selain itu, buah berwarna hijau ini juga mengandung sumber vitamin B, vitamin K, folat, kalium, vitamin C, dan vitamin E.

2. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan juga mengandung asam lemak esensial dan protein yang sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui.

3. Sayuran hijau
Sayuran berdaun hijau mengandung fitoestrogen, yang telah terbukti memiliki efek positif pada produksi susu.

Penulis: Akira Tandika
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved