Breaking News:

Berita Lifestyle

Kisah Puteri Mojopahit dalam Evening Gown Bergaya Kebaya 'Sekar Kedhaton' Rancangan Dessy Dhalia

Menjelang akhir tahun, desainer Dessy Dhalia kembali memperkenalkan koleksi terbarunya yang terinspirasi dari Dyah Ayu Sekar Kedhaton.

Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Cak Sur
Istimewa
Salah satu busana dalam koleksi 'Sekar Kedhaton' rancangan desainer Dessy Dhalia. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Menjelang akhir tahun, desainer Dessy Dhalia kembali memperkenalkan koleksi terbarunya.

Kali ini ia mengangkat kain tradisional asal kampung halamannya, Mojokerto, dalam balutan evening gown bergaya kebaya tradisional.

"Jadi ini busananya one piece meskipun kelihatannya setelan kebaya dan jarik, evening gown tapi modelnya tradisional," kata Dessy, Rabu (16/12/2020).

Saat melakukan sesi foto di Luminor Hotel Jemursari Surabaya, ia mengatakan bahwa koleksi ini terinspirasi dari Dyah Ayu Sekar Kedhaton.

"Ia merupakan putri ke-42 dari raja terakhir Majapahit Kerthabumi atau Brawijaya V. Saya mengangkat tokoh ini karena seringkali dilupakan, yang sering dibahas biasanya Tribuana Tungga Dewi," urainya.

Salah satu kisah yang paling ia ingat yakni saat Kerajaan Majapahit berada dalam masa genting sehingga mendorong Sang Puteri untuk menyelamatkan diri dari Trowulan Mojokerto ke Pengging Boyolali.

"Tempat moksa Sang Puteri kemudian ditandai oleh para abdinya dengan sebuah batu hitam. Ini yang menjadi salah satu inspirasi saya," kata Dessy.

Ada beberapa motif batik yang ia usung, salah satunya udan liris yang mengandung makna ketabahan dan tahan menjalani hidup prihatin. Layaknya sosok Sang Puteri yang melepaskan keningratan dan melarikan diri sampai ke Boyolali.

"Motif lain seperti kawung muncrat melambangkan kesederhanaan dengan bentuk seperti buah aren. Namun juga ditafsirkan sebagai gambar bunga lotus dengan empat mahkota bunga yang merekah," paparnya.

Lotus adalah bunga yang melambangkan umur panjang dan kesucian, seperti Dyah Ayu Moksa dalam menjaga kesucian dan mempertahankan kepercayaannya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved