Breaking News:

Pilwali Surabaya 2020

KPU Targetkan Rekap Suara Pilwali Surabaya Rampung dalam Dua Hari, Rapat Pleno Diwarnai Skorsing

KPU Kota Surabaya mulai menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kota untuk Pilwali Surabaya 2020, Selasa (15/12/2020).

SURYA.CO.ID/Yusron Naufal Putra
KPU Surabaya menggelar rapat rekapitulasi suara tingkat kota di salah satu hotel di Surabaya, Selasa (15/12/2020). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - KPU Kota Surabaya mulai menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kota untuk Pilwali Surabaya 2020, Selasa (15/12/2020).

KPU menargetkan, rekap tingkat kota itu dapat rampung dalam dua hari.

Ketua KPU Kota Surabaya, Nur Syamsi mengatakan, sesuai ketentuan dalam PKPU 5 tahun 2020 dan PKPU 19 tahun 2020 menyebut, pasca pelaksanaan rekapitulasi tingkat kecamatan lantas dilanjut di tingkat kota.

"PKPU 5 memberikan jadwal, rekapitulasi kota bisa dilaksanakan tanggal 13-17. Kami mengambil waktu di antara itu, sehingga yang kami laksanakan tanggal 15 sampai 16," jelas Nur Syamsi.

Rapat rekapitulasi itu berlangsung di salah satu hotel di Surabaya. Proses rapat pleno itu berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

KPU sudah membagi 31 kecamatan menjadi dua sesi. Di hari pertama, sebanyak 16 kecamatan direncanakan tuntas. Di antara kecamatan yang dijadwalkan di hari pertama yaitu, Tambaksari, Wiyung dan Jambangan.

Di hari kedua rapat pleno, direncanakan bakal berlanjut sebanyak 15 kecamatan. Di antaranya, Semampir, Rungkut, Sambikerep dan Gunung Anyar.

Mekanisme tata cara dan prosedur rekapitulasi tingkat kota yaitu juga membacakan seluruh data yang ada di dalam D Hasil tingkat kecamatan.

"Itu merupakan produk dari hasil rekapitulasi tingkat kecamatan dan itulah yang kita bacakan selain itu juga dibacakan D keberatan saksi, apakah masih ada keberatan saksi yang harus diselesaikan di tingkat KPU Kota," ujarnya.

Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Kota Sempat Diwarnai Skorsing

Halaman
12
Penulis: Yusron Naufal Putra
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved