Breaking News:

Travel

Libur Natal dan Tahun Baru, Ada 38 KA Jarak Jauh dan 20 KA Lokal yang Berangkat dari Daop 7 Madiun

Jumlah KA yang dioperasikan bisa bertambah bila antusiasme masyarakat untuk menggunakan angkutan kereta api juga bertambah

surya.co.id/didik mashudi
Petugas mengecek kesiapan di gardu sinyal PT KAI menjelang angkutan libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. 

SURYA.CO.ID, KEDIRI - PT KAI akan mengoperasikan 38 KA jarak jauh dan 20 KA lokal untuk melayani para pelanggan yang akan menggunakan kereta api selama libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru).

Humas Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko menjelaskan, jumlah KA yang dioperasikan bisa bertambah bila antusiasme masyarakat untuk menggunakan angkutan kereta api pada libur Nataru ini juga bertambah.

“Empat KA berangkat dari Daop 7, yaitu KA Kahuripan tujuan Kiaracondong, KA Brantas, KA Singasari dan KA Anjasmoro tujuan Jakarta Pasar Senen," jelas Ixfan, Kamis (10/12/2020).

Sementara untuk KA Singasari dan KA Anjasmoro tidak beroperasi setiap hari.

Bagi pelanggan yang ingin melihat jadwal operasional dan melakukan pemesanan, bisa melalui aplikasi KAI Access, web kai.id, atau menghubungi layanan pelanggan melalui sosial media KAI121 dan telepon 021-121.

Untuk mendukung operasional KA tersebut, Daop 7 Madiun telah menyiapkan 10 Lokomotif dan 77 kereta yang dimiliki dalam keadaan siap operasi.

Baik yang untuk operasional regular, maupun cadangan, sehingga bila dibutuhkan kapanpun bisa langsung digunakan.

“Sejak penjualan tiket libur Nataru dibuka pada akhir November, setidaknya sudah 113.251 tiket terjual, atau turun 35 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun 2019/2020 sebanyak 325.606,” ungkap Ixfan.

Jumlah tiket yang terjual ini sekaligus menunjukkan komitmen KAI untuk membatasi jumlah okupansi sebesar 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia agar tercipta physical distancing selama perjalanan..

Hal itu dalam rangka mendukung pemerintah untuk menekan penyebaran penularan covid-19, khususnya di sarana transportasi.

Selain penerapan physical distancing, untuk naik KA para pelanggan juga diharuskan sehat.

Suhu badan tidak boleh melebihi 37,3 derajat celcius, membawa surat keterangan bebas covid-19 yang ditunjukkan melalui hasil pemeriksaan rapid/swab tes dengan hasil negatif, atau surat keterangan bebas gejala flu yang dikeluarkan Puskesmas/Rumah Sakit bila di daerah tersebut tidak ada fasilitas Rapid/Swab tes.

Selain itu, pelanggan akan diberikan face shield dan harus dipakai oleh pelanggan dari stasiun awal hingga sampai stasiun tujuan.

Fasilitas rapid tes dengan harga terjangkau juga sudah disiapkan oleh Daop 7 di 5 lokasi, yaitu Stasiun Madiun, Stasiun Kertosono, Stasiun Jombang , Stasiun Kediri dan Stasiun Blitar.

“Semua upaya yang dilakukan oleh Daop 7 Madiun ini, agar para pelanggan selamat, aman, nyaman dan sehat menggunakan kereta api, dari mulai berangkat hingga sampai ditujuan,” jelasnya.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved