Breaking News:

Tetap Kerja di Hari Pencoblosan Pilkada 2020 Berhak Dapat Upah Kerja Lembur, Ini Penjelasan Kemnaker

Bagi pekerja atau buruh yang tetap kerja di hari Pencoblosan Pilkada 2020, berhak mrndapatkan hak-haknya, salah satunya hak Upah Kerja Lembur.

antara
Ilustrasi - Tetap Kerja di Hari Pencoblosan Pilkada 2020 Berhak Dapat Upah Kerja Lembur, Ini Penjelasan Kemnaker 

Penulis: Pipit Maulidiya | Editor: Musahadah

SURYA.co.id - Hari ini, Rabu (9/12) ditetapkan sebagai libur nasional oleh pemerintah, karena bersamaan dengan penyelenggaraan Pilkada 2020 serentak.

Sejumlah pekerja yang tetap bekerja di hari ini, wajib mendapatkan hak-haknya sebagaimana diatur Kementerian Ketenagakerjaa atau Kemnaker.

Salah satunya adalah hak mendapatkan upah kerja lembur.

Hak-hak pekerja dijelaskan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah melalui surat edaran yang dikirimkan kepada semua gubernur di Indonesia.

Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Nomor M/14/HK.04/XII/2020 tentang Hari Libur bagi Pekerja/Buruh pada Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020 yang diterbitkan pada Senin (7/12/2020).

Melalui surat tersebut, Ida mengingatkan agar pekerja diberikan kesempatan untuk menggunakan hak suaranya.

Hal ini mengingat pada tanggal 9 Desember 2020 telah ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional bertepatan dengan dilaksanakannya Pilkada 2020

Ida juga menyebutkan, hari libur nasional tersebut juga berlaku bagi daerah yang tidak melaksanakan pilkada.

“Bagi pekerja/buruh yang daerahnya melaksanakan pilkada dan harus bekerja pada hari pemungutan suara, maka pengusaha mengatur waktu kerja sedemikian rupa agar pekerja/buruh dapat menggunakan hak pilihnya,” kata Ida dalam keterangan tertulis, Senin (7/12/2020) melansir Kompas.com berjudul Menaker: Pekerja Libur Pada 9 Desember Meski Daerahnya Tak Laksanakan Pilkada.

Halaman
123
Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved