Breaking News:

Berita Banyuwangi

Wamenag Zainut Tauhid Apresiasi Mal Pelayanan Publik Banyuwangi: Patuh Dicontoh Daerah Lain

Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid terkesan dengan sejumlah inovasi yang dilakukan oleh Kabupaten Banyuwangi.

SURYA.CO.ID/Haorrahman
Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid bersama Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas berkeliling melihat setiap stan yang ada di Mal Pelayanan Publik, Selasa (8/12/2020). 

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Wakil Menteri Agama (Wamenag), Zainut Tauhid terkesan dengan sejumlah inovasi yang dilakukan oleh Kabupaten Banyuwangi. Salah satunya Mal Pelayanan Publik yang Wamen datangi saat mengunjungi Banyuwangi.

Saat berada di Mal Pelayanan Publik, Wamenag Zainut berkeliling melihat setiap stan pelayanan yang ada di dalamnya.

Mal Pelayanan Publik yang berdiri pertama kalinya di Indonesia tersebut saat ini melayani lebih dari 200 layanan baik administrasi dan perijinan.

Menurut Zainut, Mal Pelayanan Publik tersebut sangat lengkap, terpadu dan modern, sehingga patut di contoh oleh daerah lain.

“Di sini tidak hanya instansi milik pemerintah daerah saja, saya lihat ada sejumlah instansi vertikal yang ikut membuka pelayanan di sini. Ini sangat baik,” ujarnya.

Pemkab Banyuwangi memiliki Mal Pelayanan Publik sejak Oktober 2017. Ini merupakan Mal Pelayanan Publik pertama di Indonesia yang didirikan oleh pemerintah kabupaten. Keberadaannya sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Banyuwangi.

Saat ini, Mal Pelayanan Publik Banyuwangi telah mengintegrasikan 203 jenis layanan pengurusan dokumen dan perizinan dalam satu lokasi, baik layanan pemerintah kabupaten maupun instansi vertikal.

“Saya bangga, ini pertama kalinya saya melihat pusat pelayanan publik yang sangat lengkap, sangat terpadu dan modern. Apa yang ada di sini sangat patut di contoh oleh daerah lainnya,” ujar Wamenag Zainut.

Layanan yang bisa didapatkan mulai dari administrasi kependudukan seperti akta kelahiran dan kematian, kartu identitas anak, KTP dan Kartu Keluarga, beragam jenis ijin, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, PDAM, pembayaran retribusi daerah, PLN, pengurusan paspor hingga layanan keamanan pangan dari BPOM.

Layanan ini bahkan menyediakan ruang untuk konsultasi masalah pernikahan dan keluarga yang disediakan oleh Kementerian Agama. Selain itu juga ada layanan terpadu bagi mereka yang akan bekerja di luar negeri.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved