Breaking News:

Pilbup Mojokerto 2020

KPU Kabupaten Mojokerto Musnahkan 3.649 Lembar Surat Suara Rusak Pakai Mesin Penghancur

KPU Kabupaten Mojokerto memusnahkan surat suara rusak disaksikan pihak Kepolisian, Kejaksaan serta Bawaslu

Penulis: Muchsin | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Mohammad Romadoni
Petugas KPU Kabupaten Mojokerto memusnahkan surat suara rusak menggunakan mesin penghancur kertas, Selasa (8/12/2020). 

SURYA.CO.ID, MOJOKERTO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mojokerto memusnahkan surat suara rusak dalam pelaksanaan Pilbup Mojokerto 2020.

Kegiatan pemusnahan surat suara rusak itu disaksikan pihak Kepolisian, Kejaksaan serta Bawaslu Kabupaten Mojokerto di Gor Dinas Pendidikan, Jalan RA Basuni, Kecamatan Sooko, Selasa (8/12/2020).

"KPU Kabupaten Mojokerto memusnahkan surat suara rusak akibat penyortiran itu sebanyak 3.649 lembar," ungkap Ketua KPU Mojokerto, Muslim Bukhori.

Dia menjelaskan, pemusnahan surat suara rusak dilakukan oleh petugas KPU menggunakan mesin penghancur kertas lantaran lebih ramah lingkungan, dibanding dibakar. Sesuai PKPU Nomor 8 tahun 2020 tentang pemusnahan surat suara yang tidak terpakai atau rusak dilakukan pada H-1 pemungutan suara.

"Mayoritas kerusakan kertas suara yaitu buram, ada percikan tinta, potongan kertas tidak simetris yang semuanya itu tidak kami gunakan," jelas Muslim.

Menurut Muslim, pemusnahan surat suara rusak ini agar tidak disalahgunakan saat pemungutan suara pada Pilbup Mojokerto pada 9 Desember 2020.

"Surat suara rusak dimusnahkan sesuai aturan, biar tidak digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab," terangnya.

Muslim menyebut, kerusakan kertas suara saat rekap akhir dari petugas penyortiran dan pelipatan secara akumulasi selama empat hari yaitu sekitar 4.500 lembar surat yang rusak.

Namun, setelah diteliti dan dilakukan perhitungan ulang secara cermat pihaknya menemukan selisih jumlah surat suara yang rusak.

"Setelah dihitung ulang saat dimasukkan ke dalam kotak suara tidak sesuai dengan hasil ini, sehingga hasil cek ulang sebanyak 3.649 lembar surat suara rusak," bebernya.

Ditambahkan Muslim, pihaknya telah mengajukan dan memperoleh pengantian terkait surat suara rusak dari pihak percetakan yang kini telah terpenuhi.

Adapun DPT dalam d Pilbup Mojokerto yaitu sebanyak 823.014 orang.

"KPU Kabupaten Mojokerto menerima surat suara 846.617 lembar dan 2.000 lembar difungsikan sebagai cadangan. Sehingga kami mendistribusikan 844.617 surat suara yang kini sudah disebar melalui PPK pada masing-masing TPS," tandas Muslim.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved