Breaking News:

Berita Banyuwangi

Inovasi Siswa Asuh Sebaya, Dinas Pendidikan Banyuwangi Raih Penghargaan dari Kemendikbud

Penghargaan tersebut berhasil diraih Dinas Pendidikan Banyuwangi lewat program inovatif 'Siswa Asuh Sebaya (SAS)'.

SURYA.CO.ID/Haorrahman
SISWA ASUH SEBAYA - Siswa di Banyuwangi menyisihkan uang jajannya,dikumpulkan bersama, lalu diberikan kepada temannya yang membutuhkan. 

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Banyuwangi meraih penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Dispendik mendapat penghargaan sebagai Dinas Pendidikan Cerdas Berkarakter yang diserahkan secara virtual dalam ajang Malam Apresiasi Cerdas Berkarakter 2020.

“Alhamdulillah, inovasi Banyuwangi terus mencatatkan prestasi, serta diapresiasi dengan baik oleh pemerintah pusat. Penghargaan ini menjadi pelecut bagi kami untuk terus berinovasi agar lebih baik ke depan,” kata Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, Selasa (8/12/2020).

Penghargaan Cerdas Berkarakter ini diberikan Pusat Penguatan Karakter Kemendikbud kepada pihak-pihak yang dinilai telah melaksanakan tugas penguatan karakter sesuai dengan kapasitasnya.

Penghargaan ini diumumkan pada Malam Apresiasi Cerdas Berkarakter yang dibuka langsung secara virtual oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, Senin (7/12/2020).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi, Suratno menjelaskan, penghargaan tersebut berhasil diraih Dinas Pendidikan Banyuwangi lewat program inovatif 'Siswa Asuh Sebaya (SAS)'.

SAS adalah program mengumpulkan dana sukarela dari siswa mampu, lalu diberikan untuk rekannya dari keluarga kurang mampu guna mendukung pendidikannya.

“Program ini dinilai punya dampak besar pada pembentukan karakter anak. Dengan terbiasa menyisihkan uang sakunya untuk rekan mereka yang kurang mampu, maka rasa empati, kepedulian dan welas asih kepada sesama menjadi tumbuh. Inilah yang menarik perhatian tim penilai,” urai Suratno.

SAS sendiri, kata Suratno, pengelolaannya dilakukan dari siswa, oleh siswa dan untuk siswa di sekolah bersangkutan.

Sejak pertama kali diluncurkan pada 2011, hingga saat ini telah menyalurkan dana hingga Rp 19,1 miliar untuk membantu pendidikan ribuan anak di Bumi Blambangan.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved