Berita Bangkalan

Hujan Petir Berangin Terus Terjadi Sore Hari, BPBD Bangkalan Ingatkan Warga Waspada

Ia mengimbau masyarakat Bangkalan terutama yang beraktifitas sambil berkendara untuk meningkatkan kewaspadaan.

Penulis: Ahmad Faisol | Editor: Deddy Humana
surya/ahmad faisol
Tim gabungan terdiri Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD, Pemadam Kebakaran Satpol PP, dan Dinas Lingkungan Kabupaten Bangkalan mengevakuasi pohon tumbang di tiga titik, Sabtu (5/12/2020) petang 

SURYA.CO.ID, BANGKALAN - Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat menerjang wilayah Bangkalan selama Jumat (4/12/2020) dan Sabtu (5/12/202) sore. Petugas penyelamat pun dibuat sibuk karena banyak pohon bertumbangan dari kawasan kota kabupaten.

Seperti kegiatan evakuasi pohon-pohon tumbang yang dilakukan tim gabungan TRC Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Damkar Satpol PP, dan Dinas Lingkungan Hidup Bangkalan.

Bahkan pohon tumbang menimpa pengendara Honda Supra X 125 ketika melintas di Jalan Raya Bancaran Kecamatan Kota, Sabtu (5/12/2020) lalu.

Peringatan dini kembali disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda melalui BPBD Bangkalan, Minggu (6/12/2020). Dalam prediksinya, BMKG menyatakan bahwa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin sesaat, diprediksi akan kembali menerjang Kabupaten Bangkalan pada siang dan sore.

"Diprediksi juga terjadi di Sampang dan Sumenep," ungkap Kepala BPBD Bangkalan, Rizal Morris kepada SURYA.

Ia mengimbau masyarakat Bangkalan terutama yang beraktifitas sambil berkendara untuk meningkatkan kewaspadaan. "Perhatikan kecepatan kendaraan ketika cuaca mulai memburuk. Jika dipandang perlu, lebih baik mencari tempat untuk menepi," pungkas Rizal.

Selain itu, jalur yang patut diwaspadai adalah jalan sepanjang 12 KM di akses Jembatan Suramadu yang rawan pohon tumbang. Bahkan enam pohon tumbang bersamaan diterjang angin kencang pada 21 November 2020 lalu.

Sebelumnya, kejadian serupa terjadi pada 6 November 2020 yang diakibatkan hujang dan angin kencang. Terakhir, pohon tumbang kembali terjadi di akses Suramadu, Kecamatan Burneh, Sabtu (5/12/2020) petang.

Dua pohon tumbang lainnya terjadi di Jalan Raya Patemon, Kecamatan Tanah Merah dan di Jalan Raya Bancaran, Kecamatan Kota Bangkalan. Bahkan di lokasi terakhir, pohon menimpa seorang pengedara motor.

Pohon-pohon tumbang diakibatkan terjangan angin kencang dan hujan dengan intensitas sedang selama kurang lebih 30 menit. Kendati tidak menimbulkan korban jiwa dalam insiden tersebut, namun tim gabungan harus berbagi tugas karena ketiga lokasi kejadian pohon tumbang berjauhan. ****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved