Berita Surabaya

Mengaku Lapar, Pemulung di Surabaya Ketahuan Mencongkel Kotak Amal Masjid di Bulak Banteng

Berpura-pura menjadi jemaah masjid, pria di Surabaya ini mendekati kotak amal dan mengeluarkan linggis yang sudah disiapkan di dalam tas ransel

Penulis: Firman Rachmanudin | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Firman Rachmanudin
Tersangka pencurian kotak amal masjid di Bulak Banteng, Surabaya, dan barang bukti saat di Mapolsek Kenjeran Surabaya, Kamis (3/12/2020). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Mengaku lapar dan sangat butuh uang untuk mencukupi kebutuhan hidup, seorang pria di Surabaya nekat mencuri uang di dalam kotak amal sebuah masjid Jalan Dukuh Bulak Banteng, Kenjeran, Kota Surabaya, Kamis (26/10/2020) pagi.

Pria yang sehari-hari memulung sampah itu diketahui bernama Achmad Suha (40) warga Bulak Banteng.

Ia nekat mencongkel gembok kotak amal dan menguras isi di dalamnya.

"Ada sekitar 180 ribu di dalam kotak amal itu. Langsung dimasukkan ke tas ranselnya," kata Kapolsek Kenjeran, Kompol Esti Setija Oetami, Kamis (3/12/2020).

Saat beraksi, Suha menyaru sebagai jemaah masjid dengan menunaikan salat Dhuha.

Setelah dirasa aman, pelaku kemudian mendekati kotak amal dan mengeluarkan linggis yang sudah disiapkan di dalam tas ransel miliknya.

Usai menguras isi kotak amal, Suha kemudian bergegas pergi.

Namun aksi itu diketahui salah seorang warga hingga menghentikannya.

"Saat dilihat kotak amalnya dalam keadaan rusak kuncinya. Kemudian tersangka digeledah dan kedapatan membawa linggis serta uang tunai sebesar 180 ribu dalam tasnya," lanjut Esti.

Tak bisa berkutik, Suha hanya bisa pasrah. Ia mengakui perbuatannya dan sudah kelima kalinya melakukan aksi dengan menyasar kotak amal masjid di beberapa lokasi.

Alasan Suha nekat mencuri adalah terlilit kebutuhan hidup. Ia mengaku harus menghidupi keluarganya dengan pekerjaannya sebagai pemulung yang tak pasti mendapatkan uang.

"Kadang sehari dapat 20 ribu, kalau mulung itu tidak mesti. Jadi saya terpaksa biar bisa makan," akunya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved