Breaking News:

Pilbup Ponorogo 2020

Fasilitasi Hak Pilih Narapidana, KPU Siapkan TPS Khusus di Rutan Kelas IIB Ponorogo

Lapas Kelas IIB Ponorogo juga akan berkoordinasi dengan TNI/Polri untuk membantu pengamanan pemungutan suara Pilbup Ponorogo 2020

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Sofyan Arif Candra Sakti
Sosialisasi Pilkada Ponorogo Tahun 2020 di Rutan Kelas IIB Ponorogo, Rabu (2/12/2020). 

SURYA.CO.ID, PONOROGO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ponorogo gencar melakukan sosialisasi untuk meningkatkan angka partisipasi masyarakat dalam Pilbup Ponorogo 2020.

Salah satu yang menjadi sasaran sosialisasi adalah para penghuni Lapas Kelas IIB Ponorogo.

"Pemilih di rutan (Rumah Tahanan) merupakan salah satu segmen yang harus mendapat sosialisasi terkait Pilbup Ponorogo 2020," kata Divisi Parmas, Sosdiklih, dan SDM KPU Kabupaten Ponorogo, Ahmad Fauzi Huda, Rabu (2/12/2020).

Fauzi menyebutkan, di dalam rutan terdapat 115 pemilih yang sudah terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT)

Jika nantinya ada tambahan napi yang masuk ke Lapas Kelas IIB Ponorogo, ia tetap bisa menggunakan hak pilihnya namun harus mengurus pemindahan TPS paling lambat H-3 sebelum pemungutan suara 9 Desember nanti.

"Tidak menutup kemungkinan juga, bagi petugas yang melaksanakan tugas di hari H bisa pindah pilih ke TPS tersebut. Sehingga hak pilihnya juga terfasilitasi," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Rutan Kelas IIB Ponorogo, Sucipto mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sarana dan prasarana agar pelaksanaan pemungutan suara berjalan lancar.

"Ada 7 pegawai yang jadi anggota KPPS, 2 orang menjaga ketertiban dan 1 orang sebagai pengawas," jelas Sucipto.

Selain itu, Lapas Kelas IIB Ponorogo juga akan berkoordinasi dengan TNI/Polri untuk membantu pengamanan pemungutan suara tersebut.

"Kami pastikan pemungutan suara di rutan tetap mematuhi protokol kesehatan. Tetap menggunakan masker, jaga jarak, dan cucu tangan menggunakan sabun," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved