Breaking News:

Pilwali Surabaya 2020

Tercemar Limbah Rumah Tangga, Machfud Arifin-Mujiaman Pastikan Benahi Sungai Kalisari Damen

Pemandangan tak sedap di mata menyambut warga yang melintas di sisi atau atas Sungai Kalisari Damen, Kecamatan Mulyorejo. 

Foto: timses MA untuk surya.co.id
Cawawali Surabaya Mujiaman saat meninjau Sungai Kalisari Damen. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemandangan tak sedap di mata menyambut warga yang melintas di sisi atau atas Sungai Kalisari Damen, Kecamatan Mulyorejo. 

Sampah terlihat menumpuk di aliran sungai itu. Tak hanya itu, busa-busa juga muncul saat pompa air yang dekat dengan kawasan tersebut dibuka. 

Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota nomor urut 2, Machfud Arifin-Mujiaman menyayangkan hal itu terjadi.

Menurutnya, pencemaran di Sungai Kalisari Damen sudah relatif parah belum lagi bau menyengat dari limbah rumah tangga yang tinggal di sekitar wilayah tersebut.  

"Setelah melihat langsung saya semakin percaya bahwa sungai di Surabaya menjadi penampungan kotoran terbesar di dunia," ujar Mujiaman, Senin (30/11/2020). 

Mujiaman juga menjelaskan, hasil limbah rumah tangga masuk ke dalam sungai tersebut dengan cara yang berbeda-beda. 

Di antaranya, ada yang melewati bawah tanah dan akhirnya jika hujan datang kotoran itu hanyut pada permukaaan rendah. 

"Sehingga sampah organik semua numpuk di situ dan baunya tentu luar biasa. Ini tidak sehat untuk masyarakat sekitar yang tinggal di sana," tuturnya. 

Untuk solusi, Mujiaman mengatakan akan berupaya untuk meminimalisir limbah rumah tangga tersebut. Walaupun, memang belum ada program tapi dirinya yakin bersama Machfud Arifin akan segera mengatasi demi kepentingan kesehatan masyarakat di sepanjang bantaran sungai Surabaya. 

"Terutama kesehatan, kelihatannya tidak terasa tetapi uang rakyat dipakai untuk berobat ini yang kasihan. Orang sudah susah, dihabiskan untuk berobat. Kita akan segera rawat sungai itu," tegas Mujiaman. 

Sebagaimana diketahui, Machfud Arifin-Mujiaman juga menaruh perhatian khusus terhadap sungai-sungai Surabaya yang menjadi target pembangunan yang tak kalah pentingnya. 

Terkait sungai, paslon nomor 2 akan menyulap menjadi salah satu wajah dari Kota Surabaya yang nantinya bisa menjadi ikon wisata maupun UMKM di Kota Pahlawan ini. 

"Jangan jadikan sungai hanya sebagai tempat pembuangan, jangan dikotori, jangan buang sampah sembarangan. Nanti akan kita jadikan sebagai ikon Kota Surabaya. Kita tata yang bagus," paparnya sembari mencontohkan sungai-sungai di Palembang yang sudah tertata rapi.

Penulis: Adrianus Adhi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved