Pilwali Blitar 2020

Reaktif Rapid Test, 7 Anggota KPPS dan Linmas Pilwali Blitar 2020 akan Jalani Swab Test

Sebanyak tujuh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Linmas di Pilwali Blitar 2020 dinyatakan reaktif rapid test

Penulis: Samsul Hadi | Editor: irwan sy
samsul hadi/suryamalang.com
Petugas KPPS dan Linmas Pilwali Blitar 2020 menjalani rapid test di kantor Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar, Minggu (29/11/2020). 

SURYA.co.id | BLITAR - Sebanyak tujuh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Linmas di Pilwali Blitar 2020 dinyatakan reaktif rapid test

Ketujuh petugas KPPS dan Linmas yang dinyatakan reaktif rapid test akan menjalani tes swab pada Senin (30/11/2020). 

"Hasil sementara, terdapat tujuh petugas KPPS dan Linmas yang reaktif rapid test," kata Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Rangga Bisma Aditya, Minggu (29/11/2020). 

Rangga mengatakan sejumlah petugas yang dinyatakan reaktif rapid test akan menjalani test swab pada Senin (30/11/2020). 

"Kami sudah koordinasi dengan Satgas Covid-19 Kota Blitar terkait tes swab terhadap petugas KPPS yang hasil rapid test-nya reaktif," ujarnya. 

Dikatakannya, rapid test terhadap petugas KPPS dan Linmas dilaksanakan dua hari, Sabtu (28/11/2020) dan Minggu (29/11/2020). 

Jumlah total petugas KPPS dan Linmas yang menjalani rapid test sebanyak 2.331 orang terdiri atas 1.813 petugas KPPS dan 518 petugas Linmas

Untuk menghindari kerumunan, rapid test dilaksanakan di tiap kelurahan dan kecamatan masing-masing. 

"Rapid test terhadap petugas KPPS dan Linmas sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 saat pelaksanaan pemungutan suara Pilwali Blitar 2020. Semua petugas wajib menjalani rapid test," katanya. 

Rangga menjelaskan, KPU tidak akan mengganti petugas KPPS yang dinyatakan reaktif rapid test.

Sebab, hal itu tidak diatur dalam PKPU. 

"Bahkan, jika hasil tes swab juga dinyatakan positif, kami tidak akan menggantinya. Karena di regulasi tidak diatur. Kami menyerahkan penangan selanjutnya ke Satgas Covid-19," ujarnya.

Catatan Redaksi: Bersama kita lawan virus corona. SURYA.co.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved