Breaking News:

Pilkada Tuban 2020

Rapid Test Massal Penyelenggara Pemilu Dilakukan Sepekan, KPU Tuban: Jika Tak Mau akan Diganti

KPU Tuban meminta semua unsur penyelenggara pemilu untuk mengikuti rapid test.

KPU Tuban
Pelaksanaan rapid tes bagi PPK dan PPS di wilayah Kabupaten Tuban, Kamis (26/11/2020). 

SURYA.co.id | TUBAN - KPU Tuban meminta unsur penyelenggara pemilu untuk mengikuti rapid test.

Deteksi dini pencegahan covid-19 itu bertujuan untuk menghindari terjadinya klaster Pilkada TUban, yang akan dilaksanakan 9 Desember 2020.

Komisioner KPU Tuban Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat, Zakiyatul Munawaroh mengatakan, seluruh petugas dalam pilkada serentak wajib mengikuti rapid tes. 

Sebanyak 22.261 petugas pelaksana pemilihan mengikuti rapid test, di antaranya, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) beserta sekretariat, Panitia Pemungutan Suara (PPS) beserta sekretariat, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), dan petugas ketertiban TPS. 

"Rapid test dilaksanakan selama 6 hari dimulai hari ini sampai 1 Desember mendatang," ujar Zakiya kepada wartawan, Kamis (26/11/2020). 

Dia menjelaskan, semua unsur penyelenggara pemilu harus mengikuti tes cepat atau rapid, sebab pelaksanaan pemilu kali ini dilaksanakan di tengah pandemi covid-19. 

Bagi petugas yang tidak bersedia menjalankan rapid test, maka seketika itu dilakukan pergantian.

Untuk pelaksanaan rapid test hari pertama dilakukan di lima kecamatan, yaitu Kecamatan Kenduruan, Bangilan, Senori, Singgahan dan Grabagan. 

Sedangkan untuk hari berikutnya dilaksanakan di kecamatan lain. 

"Jika tidak mau rapid langsung kami ganti, ini menjadi salah satu syarat wajib sebagai penyelenggara," tegasnya. 

Tak hanya soal rapid, penerapan protokol kesehatan secara ketat juga diberlakukan saat pelaksanaan pemungutan suara di TPS. 

KPU Tuban telah mendistribusikan sejumlah Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas TPS dan pemilih, mulai dari masker, hand sanitizer, tempat cuci tangan, sarung tangan, Face Shield, dan cairan desinfektan.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved