Breaking News:

Malang Berbagi

Pegiat Solidaritas Pangan Malang Ciptakan Kebun Mini untuk Warga

Keberhasilan Malang Berbagi (Malber) merupakan bukti bahwa pentahelix di Kota Malang tak sekadar slogan.

Istimewa
Wali Kota Malang, Drs H Sutiaji. 

SURYA.CO.ID, MALANG - Komunitas merupakan satu dari lima unsur pentahelix untuk melakukan sinergi bersama-sama memajukan daerah. Komunitas bergerak secara mandiri karena kesamaan visi. Komunitas juga mengkreasi kegiatan tanpa banyak melibatkan prosedur.

Di masa pandemi, komunitas berbasis sosial, sosioprenuer,literasi, atau pertanian memberi peran besar membantu masyarakat kota Malang yang mengalami kesusahan.

Wali Kota Malang, Sutiaji menjelaskan, Kota Malang memiliki kebijakan di masa pemulihan Covid-19 bernama Malang Berbagi (Malber). Keberhasilan Malber merupakan bukti bahwa pentahelix di Kota Malang tak sekadar slogan.

“Saya tunjukkan ini bukan isapan jempol. Sudah banyak hal yang dikerjakan bersama, seperti kampung Warna Warni yang merupakan kolaborasi perguruan tinggi, pengusaha dan komunitas. Begitu juga Kampung Tridi dan banyak kampung-kampung tematik yang diinisiasi oleh masyarakat, dikoneksikan dengan perguruan tinggi dan pengusaha,” terang Sutiaji.

Dikatakan pula, masa pandemi Covid-19 menunjukkan kepada kita semua, bahwa keberadaan kita sebenarnya ada karena peran orang lain dan apa yang kita miliki sesungguhnya ada hak-hak orang lain juga.

“Maka sentuhan-sentuhan secara emosional, konkret sangat diharapkan. Saya berikan apreasiasi dengan adanya kota, kecamatan, kelurahan dan RW tangguh,” bebernya.

Hal ini, menunjukkan ‘Malang Berbagi’ semakin hari makin dibutuhkan dan perlu dikuatkan dengan semangat kebersamaan salam satu jiwa.

“Salam satu jiwa bukan hanya slogan tapi ada implementasi. Ayo kita berbagi, keilmuan, harta, dan daya upaya yang saat ini kita miliki. Ayo kita berbagi,” ungkapnya.

Pegiat Solidaritas Pangan Malang (Tangan Malang) membagikan hasil panen kepada warga.
Pegiat Solidaritas Pangan Malang (Tangan Malang) membagikan hasil panen kepada warga. (Istimewa)

Solidaritas Pangan Malang

Isu pangan pangan menjadi salah satu concern kita di masa pandemi Covid-19. Kondisi lahan yang terbatas, menjadi tantangan untuk kreatif menciptakan ketahanan pangan lokal.

Seperti yang dilakuan komunitas Pegiat Solidaritas Pangan Malang (Tangan Malang).

Halaman
12
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved