Breaking News:

Advertorial

Pertamina EP Resmikan CSR Jembatan Kawasan Konservasi Mangrove Bangkalan

PT Pertamina EP Asset 4 Field Poleng meresmikan pembangunan jembatan kawasan konservasi mangrove di Coastal and Marine Biodiversity Reserve Bangkalan

ahmad faisol/suryamalang.com
Poleng Field Manager Pertamina EP Jemy Oktavianto (kanan) dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bangkalan Anang Yulianto meresmikan Jembatan Kawasan Konservasi Mangrove di Desa Lembung Paseser, Kecamatan Sepulu, Rabu (25/11/2020). 

SURYA.co.id | BANGKALAN - PT Pertamina EP Asset 4 Field Poleng meresmikan pembangunan jembatan kawasan konservasi mangrove di Coastal and Marine Biodiversity Reserve (CMBR), Desa Lembung Paseser Kecamatan Sepulu, Bangkalan, Rabu (25/11/2020).

Jembatan atau geladak berbahan kayu sepanjang 350 meter itu merupakan Corporate Social Responsibility (CSR) Bidang Lingkungan Pertamina EP Poleng Field.

Dibangun dengan membelah hutan mangrove hingga menuju pesisir pantai Desa Lembung Paseser.

Poleng Field Manager Jemy Oktavianto mengungkapkan, jembatan tersebut untuk memudahkan aktivitas pemantauan dan rehabilitasi mangrove dan hutan pantai yang telah dikembangkan sejak 2017.

"Peran puspa dan satwa sangat penting dalam kehidupan masyarakat," ungkap Jemy.

Karena itu, lanjutnya, Pertamina EP Poleng Field mengajak masyarakat untuk menanam mangrove cemara laut dan menghentikan perburuan satwa burung.

"Meski di tengah situasi Covid-19, kami tetap berkewajiban turut serta membangun masyarakat dan lingkungan dengan semangat Tumbuh Bersama Indonesia," tegasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangkalan Anang Yulianto, Kasi Konservasi Wilayah IV Pamekasan Sumpena.

Selain itu, turut hadir perwakilan SKK Migas Jabanusa, Muspika Sepulu, Kepala Desa Lembung Paseser, dan Kepala SD Lembung Paseser beserta sejumlah siswa.

Kegiatan peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Jemy dan Anang Yulianto.

Para undangan yang hadir lantas berkesempatan menyusuri jembatan kawasan konservasi mangrove.

Dilanjutkan dengan penanaman cemara laut secara simbolis dalam rangka hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional, dan pemberian sejumlah buku Aviafauna.

Jemy menambahkan, Pertamina EP sejak 2017 telah mendukung dan menggalakkan restorasi mangrove sebanyak 76.536 pohon dengan luas 10,75 hektare (ha).

Ditambah dengan penanaman hutan pantai seluas 4 ha, transplantasi lamun sebanyak 10 plot, pembuatan sentra pendidikan mangrove permanen sebanyak 29 ribu bibit, dan pembibitan 5 ribu cemara laut.

"Di sini teridentifikasi sebanyak 34 spesies mangrove dan 68 spesies burung. Semoga bisa menjadi riset dan pendidikan bagi masyarakat," pungkasnya. 

Penulis: Ahmad Faisol
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved