Breaking News:

Pilkada 2020

KPU Kabupaten Mojokerto : Jumlah Surat Suara Pilbup Mojokerto 2020 Ada 846.617 Lembar

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mojokerto menerima pasokan logistik pemilu berupa ribuan lembar surat suara

surya.co.id/mohammad romadoni
Petugas KPU Kabupaten Mojokerto bersama pihak Kepolisian saat mengawal surat suara Pilbup Mojokerto, Rabu (25/11/2020). 

SURYA.CO.ID, MOJOKERTO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mojokerto menerima pasokan logistik pemilu berupa ribuan lembar surat suara untuk Pilbup Mojokerto pada 9 Desember 2020.

Ketua KPU Mojokerto, Muslim Bukhori menjelaskan pasokan logistik surat suara yang diangkut truk itu tiba di gudang KPU Kabupaten Mojokerto pada Selasa (24/11/2020) sekitar pukul 18.00 Wib.

Logistik pemilu itu sebanyak 424 kotak yang terdiri masing-masing setiap kardus berisi 2000 lembar surat suara.

"Total surat suara ada 846.617 lembar yang terdiri dari jumlah DPT 823.014 di Kabupaten Mojokerto," ungkapnya di KPU Kabupaten Mojokerto, Rabu (25/11/2020).

Dia mengatakan pasokan logistik pemilu itu juga termasuk surat suara sebesar 2,5 persen di masing-masing TPS dari jumlah total 2.084 TPS di Kabupaten Mojokerto.

"Setiap TPS akan memperoleh surat suara cadangan sekitar 2,5 persen dari jumlah DPT. Sehingga total tambahan surat suara cadangan yakni sebanyak 25 persen di setiap TPS atau berjumlah 21.603 lembar," ucap Muslim.

"Ditambah juga surat cadangan PSU sebanyak 2000 lembar," imbuhnya.

Masih kata Muslim, pelipatan surat suara rencananya akan dilakukan dua hari ke depan lantaran gudang KPU Kabupaten Mojokerto masih dipenuhi logistik pemilu berupa Alat Pelindung Diri (APD) Prokes Covid-19 dan perlengkapan TPS.

"Kita punya gudang yang kini masih ada isinya APD yang rencananya akan didistribusikan terlebih dahulu pada PPK. Nanti, setelah itu dipakai untuk sortir pelipatan kertas suara karena tempatnya harus benar-benar steril," terangnya.

Menurut dia, estimasi pelipatan surat suara yang dikerjakan oleh 50 orang itu diperkirakan akan rampung sekitar 4 hari.

Gudang penyimpanan kertas suara Pilkada Mojokerto dijaga ketat selama 24 jam oleh Petugas KPU dan jajaran aparat penegak hukum.

"Rencana distribusi awal surat suara ke PPK pada H-4 penyelenggaraan pemungutan suara pada 9 Desember 2020. Kemudian, melalui PPK akan didistribusikan ke tingkat PPS H-2 pagi," jelasnya.

Ditambahkannya, logistik pemilu yang diterima KPU Kabupaten Mojokerto kini mencapai sekitar 80 persen.

"Paling banyak logistik pemilu berupa APD karena ada 14 item yang kini masih 11 item sehingga kurang baju hazmat, Thermogun dan sarung tangan latex," tandasnya.

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved